Tim PKM UTI Latih Siswa SMK Budi Karya Membuat Mobile RC

Minggu 25-08-2024,10:56 WIB
Reporter : Melida Rohlita
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dalam upaya meningkatkan keterampilan teknis di bidang teknologi dan rekayasa, tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) telah sukses menggelar pelatihan pembuatan mobil remote control (RC) dan pengenalan ESP32 di SMK Budi Karya Natar, Lampung Selatan, belum lama ini.

Kegiatan tersebut diisi oleh Dosen Universitas Teknokrat Indonesia Selamet Samsugi, M.Eng. dibantu mahasiswa S1 Teknik Komputer Universitas Teknokrat Indonesia.

Mahasiswa yang terlibat yaitu Jefri Andri Rifai, Ashabi Tohir, Syarif Hidayatulloh, dan Muhammad Dea Ananda. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa siswi Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan kelas XII.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman praktis mengenai pembuatan dan pengoperasian mobil RC, serta memperkenalkan peserta pada penggunaan modul ESP32, sebuah mikroprosesor canggih yang digunakan untuk membangun teknologi berbasis Internet of Things (IoT).

BACA JUGA:Berdayakan Pekerja Migran, Bank Mandiri Gelar Pelatihan Kewirausahaan di Johor Bahru

BACA JUGA:Upsss, Mencuat Rumor Umar Ahmad-Dawam Rahardjo Duet di Pilgub Lampung 2024

"Dengan kombinasi materi teori dan praktik, para peserta diajak untuk belajar dari dasar hingga tahap implementasi, mulai dari perakitan komponen mobil RC hingga pemrograman modul ESP32 untuk mengontrol mobil tersebut," kata Slamet.

Dalam sesi pertama, peserta mendapatkan penjelasan mendalam tentang konsep dasar mobil RC, termasuk mekanisme penggerak, sistem kemudi, dan komunikasi remote control.

Mereka diajak langsung untuk merakit mobil RC mereka sendiri, menggunakan komponen-komponen yang telah disediakan oleh panitia dan dikendalikan melalui handphone mereka sendiri.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pengenalan ESP32, di mana para peserta diperkenalkan pada berbagai fitur unggulan dari modul ini, seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan kemampuan pemrograman yang fleksibel.

BACA JUGA:Terbakar Api Cemburu, Pria di Way Kanan Nekat Aniaya Kakak Ipar dengan Golok hingga Terkapar

BACA JUGA:Perhatikan! Ini Cara Beli e-Meterai untuk Pendaftaran CPNS 2024

Peserta diajari cara mengintegrasikan ESP32 dengan mobil RC, sehingga mereka bisa mengontrol mobil menggunakan aplikasi smartphone.

Menurut Styawati, S.T., M.Cs., selaku ketua tim PKM, pelatihan ini tidak hanya membekali peserta dengan keterampilan teknis dalam merakit dan memprogram mobil RC.

Tetapi juga membuka wawasan mereka tentang bagaimana teknologi mikroprosesor seperti ESP32 dapat diterapkan dalam proyek-proyek IoT lainnya.

Kategori :