Mahasiswa Teknokrat Serahkan Inovasi PLTB Ke Kementerian PUPR

Sabtu 31-08-2024,13:01 WIB
Reporter : Melida Rohlita
Editor : Anggri Sastriadi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Yohanes Cristian Sinaga membuat Karya Inovasi yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Bayu menggunakan Turbin Angin Vertical Axis Wine Turbine untuk Lampu Jalan Soekarno-hatta, Bandarlampung.

Alat tersebut diserahkan kepada Kementerian PUPR DJBM BPJN Lampung yang pada kesempatan ini di terima oleh Kasubag Umum dan Tata Usaha Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Lampung, didampingi Dosen Pembimbing Novia Utami Putri dan Kaprodi Elka Pranita.

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) menggunakan Turbin Angin Vertical Axis Wind Turbine (VAWT) untuk lampu jalan Soekarno-Hatta berfungsi mengubah energi kinetik dari angin menjadi energi listrik.

BACA JUGA:Pemeriksaan Kesehatan Cakada Masih Berlanjut, Hari Ini Ada Lima Paslon

"Turbin angin jenis VAWT memiliki desain yang memungkinkan turbin berputar dengan angin dari berbagai arah, sehingga efisien dalam kondisi angin yang tidak konsisten. Energi listrik yang dihasilkan dari turbin ini digunakan untuk menyalakan lampu jalan, mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil dan meningkatkan keberlanjutan penggunaan energi di area tersebut," katanya, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Menurutnya, pembuatan Karya Inovasi ini merupakan hasil bimbingan dari team dosen teknik Elektro UTI dan arahan dari Kaprodi Teknik Elektro sebagai wujud dari Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarat, Mahasiswa memiliki potensi luar biasa untuk menciptakan perubahan positif di masyarakat. 

"Dengan begini mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga menerapkan ilmu dan inovasi untuk memecahkan masalah nyata," katanya.

BACA JUGA:Tancap Gas, Cawagub Cantik Jihan Nurlela Gelar Sholawat Kebangsaan di Tegineneng

Sementara Dosen Pembimbing Novia menyebut dengan dedikasi dan kreativitas, mahasiswa bisa menginspirasi dan memberikan dampak nyata.

"Membangun solusi yang bermanfaat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Inilah saatnya bagi generasi muda untuk berkontribusi secara nyata, memperkuat jembatan antara akademik dan komunitas, serta mewujudkan visi masa depan yang lebih baik," ungkapnya.

Wakil Rektor UTI Dr. Mahathir Muhammad mengapresiasi apa yang dilakukan Yohanes dan berharap akan ada inovasi lainnya yang mampu berdampak untuk masyarakat lainnya.

Kategori :