Biayai Beasiswa 1.000 Sarjana Demi Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional, Begini Skema Cerdas Jerry Hermawan Lo

Rabu 16-10-2024,10:03 WIB
Reporter : Ari Suryanto
Editor : Ari Suryanto

Uang itu nantinya akan digunakan untuk membiayai program mencetak 1.000 sarjana pertanian.

"Kita sisihkan Rp 20 perkelapa. Kita buat konsepnya uang masuk ke yayasan, dalam waktu beberapa saat lagi akan kita mulai skema itu," ungkapnya.

Dengan skema tersebut, jika sehari Dewacoco bisa mengolah 500 ribu kelapa per hari, maka Dewacoco menyisihkan Rp 10 juta perhari untuk pembiayaan program beasiswa mencetak 1.000 sarjana pertanian.

Artinya dengan Rp 10 juta perhari, maka dalam sebulan Dewacoco menyisihkan Rp 300 juta dan dalam setahun Rp 3,6 miliar. 

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Lampung Bertemu Pjs Wali Kota Bandar Lampung, Ini yang Dibahas

Jerry yakin, konsep ini mampu membiayai 1.000 calon sarjana pertanian yang ditargetkan akan tercapai dalam jangka waktu 5 tahun mendatang.

Kesungguhan Jerry untuk mencetak 1.000 sarjana, telah diimplementasikan dalam beberapa kegiatan nyata.

Seperti mendirikan SMK Pertanian, membuat ladang perkebunan, dan memberi beasiswa kepada mahasiswa pertanian di Universitas Lampung (Unila), mahasiswa Sekolah Tinggi Pertanian Kewirausahaan (STPK) Banau Halmahera Barat dan mahasiswa S2 Institut Pertanian Bogor (IPB).

Tak tanggung-tanggung, beasiswa yang  diberikan Jerry untuk mahasiswa adalah uang semester dan biaya hidup bulanan.

BACA JUGA:14 Pelaku Diamankan, Ditpolairud Polda Lampung Gagalkan Penyelundupan 149 Ribu Benih Lobster

Untuk mahasiswa Unila Jerry memberikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp 1 juta dan uang biaya hidup sebesar Rp 500 ribu perbulan bulan.

Untuk mahasiswa Sekolah STPK Banau, Halmahera Barat, Jerry memberikan beasiswa Rp 2,3 juta untuk UKT persemester dan Rp 250 ribu perbulan untuk biaya pondokan.

Sedangkan untuk mahasiswa S2 IPB, Jerry memberikan beasiswa Rp 9,5 juta untuk UKT persemester dan Rp 1,5 juta untuk biaya hidup perbulan.

"Kami berkomitmen memberi beasiswa pada para mahasiswa sampai mereka lulus, atau maksimal 8 semester," ucap Jerry di Aula Fakultas Pertanian Unila, beberapa waktu lalu. 

Kategori :