Indeks Bisnis UMKM BRI Triwulan III 2024: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat, Perlu Penguatan Daya Beli

Selasa 05-11-2024,17:52 WIB
Reporter : Widisandika Budiman
Editor : Widisandika Budiman

dilakukan dengan menggunakan metode stratified systematic random sampling, sehingga dapat

merepresentasikan sektor usaha, provinsi dan skala usaha. Survei ini dilakukan oleh BRI

Research Institute pada tanggal 20 September 2024 sampai dengan 02 Oktober 2024.

Wawancara dilakukan melalui telepon dengan pengawasan mutu yang ketat sehingga data yang

terkumpul valid dan reliable.

 

Informasi yang dikumpulkan dalam survei ini adalah persepsi pelaku usaha UMKM terhadap

perkembangan dan prospek perekonomian secara umum, sektor usaha responden serta

perkembangan dan proyeksi kinerja usaha responden. Informasi ini digunakan untuk menyusun

Indeks Bisnis UMKM (IB), Indeks Sentimen Bisnis (ISB) serta Indeks Kepercayaan Pelaku (IKP)

usaha UMKM kepada pemerintah. Indeks-indeks ini melengkapi indeks serupa yang disusun

oleh Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik di mana surveinya dilakukan terhadap pelaku

usaha kategori menengah dan besar. Di samping itu juga dikumpulkan informasi mengenai

kondisi usaha responden untuk keperluan monitoring dan sekaligus menjadi early warning

system (EWS) terhadap keberlangsungan usaha debitur UMKM.

Dalam survei ini responden menjawab sejumlah pertanyaan, di mana untuk setiap pertanyaan

Tags :
Kategori :

Terkait