Iklan Bos Aca Header Detail

Untuk Kepala Desa, Tingkatkan Potensi SDA dan Kuasai IT!

Untuk Kepala Desa, Tingkatkan Potensi SDA dan Kuasai IT!

RADARLAMPUNG.CO.ID - Seluruh desa di Pesawaran diminta lebih menggali potensi sumber daya alam. Ini bertujuan meningkatkan pendapatan untuk membangun masing-masing wilayah secara mandiri.

\"Jika seluruh desa sudah memiliki potensi yang dapat menaikkan pendapatan, tentu akan membantu pembangunan di wilayah itu sendiri. Terlebih ketika ada kebijakan pemerintah pusat terkait dengan penggunaan DD seperti tahun ini,\" kata Bupati Dendi Ramadhona saat membuka musrenbang kecamatan tahun 2022 secara virtual di aula Pemkab Pesawaran, Kamis (24/2)

Selain itu, kepala desa juga diminta menguasai informasi teknologi (IT). Mengingat era digitalisasi saat ini, segala sesuatunya menggunakan sistem online.

\"Saya minta seluruh kepala desa harus menguasai IT. Digitalisasi saat ini memaksa kita mengikuti kemajuan teknologi dalam beraktifitas. Pertanian, perikanan, kelautan dan lainnya sekarang telah menggunakan IT dalam melayani dan transaksinya. Kalau masih ada kades yang malas belajar IT, ya siap-siap saja ketinggalan zaman dan informasi,\" tegasnya.

Dijelaskan, kemandirian desa saat ini sudah harus mulai dilakukan. Mengingat pandemi menyebabkan banyak pembangunan yang menggunakan anggaran DD di desa tertunda.

Dendi mengungkapkan, dalam mempercepat akselerasi pembangunan di Bumi Andan Jejama, nantinya pemkab menggulirkan program satu desa satu mahasiswa. Yakni memberikan beasiswa ke setiap desa sehingga ke depan digitalisasi mampu menggerakkan perekonomian desa.

\"Ke depan, kita akan fokus pada peningkatan sumber daya manusia, dengan menerapkan satu desa satu mahasiswa guna mengkoneksikan bisnis digital marketing sehingga desa nantinya lebih produktif lagi,\" tandasnya. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: