Bupati Mesuji Buka Pelatihan Awal Masa Jabatan Kades Terpilih, Ini Pesannya

Bupati Mesuji Buka Pelatihan Awal Masa Jabatan Kades Terpilih, Ini Pesannya

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Mesuji Saply TH membuka kegiatan pelatihan awal masa jabatan kepala desa (Kades) terpilih hasil pemilihan serentak tahun 2019. Acara yang berlangsung di Balai Desa Gedung Ram, Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (25/2) itu diikuti 20 kepala desa terpilih pada Desember 2019 lalu, yang telah dilantik awal Januari 2020.

\"Kepala desa terpilih dituntut memahami tugas pokok dan fungsi, terutama berkaitan dengan pengelolaan dan penggunaan anggaran desa. Hal ini agar penyelenggaraan pemerintahan desa dapat berjalan sesuai norma hukum yang berlaku,\" kata Bupati Mesuji Saply TH dalam sambutannya saat membuka acara pelatihan awal masa jabatan kades terpilih tersebut.

Selain itu, orang nomor satu di Bumi Ragam Begawe Caram tersebut menyampaikan bahwa Kades harus melayani dan mengayomi masyarakat. Kades merupakan ujung tombak jalannya Pemerintahan di desa sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan prima, mengayomi masyarakat, memberdayakan masyarakat desa, dan dapat bekerja sama dengan BPD juga selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk membangun desa.

\"Jadi pelatihan ini saya harap mampu memberikan bekal kapada para Kepala Desa, saya meminta agar pelatihan ini diikuti serius. Simaklah semua materi yang diberikan sehingga dapat diterapkan dalam mengatur Pemerintahan Desa dan mengembangkan potensi desa masing-masing,” pungkasnya.

Sementara kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mesuji Sunardi mengatakan, para kades yang mengikuti pembekalan ini adalah mereka yang terpilih hasil pemilihan tahun 2019 lalu dan telah di Lantik pada Januari 2020 lalu dengan total sebanyak 20 orang.

Tujuanya yakni untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada kades sehingga peran aktif mereka dapat mengoptimalkan pembangunan di desa dan kades dapat menjadi pelopor pembangunan desa.

Hadir dalam kegiatan pelatihan kades itu, selain Bupati Mesuji Saply TH, juga hadir Kapolres Mesuji AKBP Alim, Sekkab Mesuji Edison Basid, Kepala DPMD Mesuji Sunardi, dan para camat yang ada di Mesuji. (muk/sur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: