HUT 77 RI

Bulan Depan Pemkot Garap Pembangunan Jembatan Pulau Pasaran Tahap II

Bulan Depan Pemkot Garap Pembangunan Jembatan Pulau Pasaran Tahap II

Kasma (74), salah satu warga menggendong anaknya menuju sekolah di saat jembatan Pulau Pasaran terendam banjir rob, Selasa (17/5). Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat akan melaksanakan pembangunan tahap dua jembatan Pulau Pasaran yang menghubungkan warga Pulau Pasaran dan daratan Kota Karang.

Saat ini, Dinas PU tengah mempersiapkan persiapan tender pengerjaaan tahap dua jembatan Pulau Pasaran yang berada di Kelurahan Kota Karang, Telukbetung Timur (TbU), dan diperkirakan akan mulai dikerjakan satu bulan kemudian.

Kepala Dinas PU Bandarlampung Iwan Gunawan mengatakan, tahap dua pembangunan jembatan Pulau Pasaran saat ini tengah persiapan lelang.

Dikatakan Iwan, tahap satu pembangunan jembatan tersebut telah dianggarkan dan dikerjakan di tahun 2021, berupa pemasangan tiang pancang atau pembuatan struktur jembatan.

Berulah di tahap dua ini akan dilakukan pembangunan lantai dan dinding jembatan.

"Tender memerlukan waktu sekitar satu bulan, jadi bulan enam atau tujuh ini sudah mulai jalan pengerjaan tahap dua," ucapnya.

Untuk anggarannya sendiri, lanjut Iwan, pembangunan jembatan Pulau Pasaran tahap II disiapkan sekitar Rp1,5 miliar. "Ada di RUP (Rencana Umum Pengadaan), sekitar Rp1,5 miliar anggarannya," tuturnya.

Diketahui bahwa rahabilitasi tahap 1 jembatan Pulau Pasaran dikerjakan oleh CV Ganesha Mandala Karim dengan nilai kontrak Rp2.314.070.000. Pengerjaan mulai dilakukan pada Desember 2021, dan rampung pada Maret 2022 dengan memasang tiang pancang dua banjar. Muali dari daratan Pulau Pasaran hingga pertengahan jembatan. *

Sumber: