Wabup Buka Kegiatan Manasik Haji

Wabup Buka Kegiatan Manasik Haji

Wakil Bupati Tanggamus AM Syafi’i membuka kegiatan manasik haji, Senin (23/5). FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS--

RADARLAMPUNG.CO.IDWakil Bupati AM Syafi'i menghadiri, sekaligus membuka pembinaan manasik haji Kantor Kementerian Agama Tanggamus tahun 1443 Hijriah. Kegiatan berlangsung di Komplek Islamic Center Kotaagung, Senin (23/5)

Turut hadir, Asisten I Bidang Pemerintahan Faturrahman, Forkopimda, OPD, perwakilan Kanwil Kementerian Agama Lampung yang diwakili Kabid PHU, Kepala Kantor Kemenag Mahmuddin Aris Rayusman, M.Pd.I.; Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra dan uspika. Kemudian pejabat Kantor Kemenag Tanggamus serta calon jemaah haji.

AM Syafi'i dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pimpinan daerah, mengucapkan terima kasih terselenggaranya kegiatan pembinaan manasik haji yang dilaksanakan oleh Kantor Kemenag Tanggamus.

”Ini merupakan kegiatan kita yang pertama, setelah masa pandemi Covid-19 kita tidak melaksanakannya,” kata AM Syafi'i.

”Seperti kita ketahui, pelaksanaan kegiatan manasik bertujuan memberikan pengetahuan kepada calon jamaah haji mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah yang baik dan benar, sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji,” imbuhnya.

Dilanjutkan, melalui manasik, para CJH akan mendapatkan pembekalan tentang tata laksana haji. ”Oleh karenanya, kepada peserta, saya harapkan dapat menyimak penyampaian materi dengan baik. Manasik haji ini merupakan geladi resik atas pelaksanaan haji di tanah suci,” tutur Syafi’i.

”Kami mengucapkan selamat kepada seluruh calon jamaah haji Tanggamus yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah tahun ini. Kita semua yang mendapat kesempatan ke tanah suci tahun ini sudah sepantasnya bersyukur. Karena masih banyak di antara saudara-saudara kita yang belum mendapat kesempatan dan menunda keberangkatannya karena berbagai hal, terlebih di masa pandemic,” ungkapnya.

Oleh karenanya, diharapkan CJH dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji. Baik persiapan fisik maupun mental. Dengan demikian, dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam dan mengerjakan seluruh syarat serta rukun dengan sempurna.

Kepala Kantor Kemenag Tanggamus Mahmuddin Aris Rayusman dalam laporannya mengatakan, kegitaan pembinaan manasik haji ini dilaksanakan dua hari, pada 23-24 mei 2022. Bertempat di gedung fasilitas utama Islamic Center Kotaagung.

Kegiatan bersumber dari dana bimbingan manasik haji Tanggamus dari BPIH pusat dan DIPA Kantor Kemenag Tanggamus.

Jumlah calon jamaah haji yang akan diberangkatkan sebanyak 158 jamaah. Terdiri dari 63 laki laki dan 95 jamaah perempuan.

”Kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Tanggamus, mohon doa dan supportnya dalam keberangkatan jamaah haji pada tahun ini. Semoga Allah meridhai dan memberikan kemudahan serta keselamatan bagi kita semua. Khususnya jamaah haji yang akan di berangkatkan tahun ini,” pungkasnya. (ehl/rls/ais)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: