Denmark Kirim Rudal ke Ukraina untuk Hancurkan Armada Rusia di Laut Hitam

Denmark Kirim Rudal ke Ukraina untuk Hancurkan Armada Rusia di Laut Hitam

Cerita tersebut menimbulkan beberapa kontroversi, ketika penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, Anton Gerashchenko menulis di twitter bahwa AS sedang mempersiapkan rencana untuk menghancurkan Armada Laut Hitam, mengacu pada angkatan laut Rusia yang saat ini memblokade Ukraina.

Ditanya tentang hal ini, juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan bahwa dirinya dapat memberi tahu secara pasti bahwa itu tidak benar. Namun, dia tidak menyangkal bahwa AS sedang mempertimbangkan untuk mengirim Harpoon ke Kiev.

Pada hari Senin, Austin mengkonfirmasi bahwa Kirby akan meninggalkan Pentagon dan pindah untuk bekerja di dewan keamanan nasional Gedung Putih. Sementara itu, tweet Gerashchenko telah dihapus.

BACA JUGA:Indonesia Perkuat Kerja Sama Ekonomi dengan Arab Saudi

AS baru saja memberikan tambahan bantuan militer senilai $40 miliar ke Kiev, termasuk pengiriman senjata, meskipun ada kekhawatiran oleh beberapa sekutu Eropa bahwa ini dapat menarik NATO ke dalam konfrontasi langsung dengan Rusia.

DIkutip dari Russian Today, Moskow telah berulang kali memperingatkan aliansi bahwa setiap pengiriman senjata dan pasokan ke Ukraina akan dianggap sebagai target militer yang sah. Rusia telah melakukan serangan udara dan rudal jelajah terhadap fasilitas pasokan Ukraina.

Bulan lalu, Pentagon mengklaim telah memberikan informasi intelijen yang membantu Ukraina meluncurkan serangan rudal terhadap kapal penjelajah Rusia Moskva, kapal utama Armada Laut Hitam.

Menurut Kiev dan Washington, Ukraina menembakkan dua rudal Neptunus yang menghantam kapal, yang akhirnya tenggelam.

Angkatan Laut Rusia mengatakan bahwa Moskva hilang saat ditarik ke pelabuhan di tengah badai, setelah ledakan amunisi di kapal menyebabkan kebakaran. (*)

 

Artikel ini sudah tayang di Radartasik.com dengan judul : Denmark Kirim Rudal Harpoon Ke Ukraina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: