HUT 77 RI

HUT APEKSI, Kapolresta: Kita Lakukan Pengawalan Dari Kedatangan Hingga Kembali Pulang

HUT APEKSI, Kapolresta: Kita Lakukan Pengawalan Dari Kedatangan Hingga Kembali Pulang

Konfernsi pres persiapan HUT APEKSI. Foto: Prima Imansyah Permana/Radarlampung.co.id --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-22 pada 27-29 Mei di Kota Bandarlampung sudah di depan mata.

Serangkaian persiapan telah selesai dipersiapkan, salah satunya di bidang keamanan. Kapolresta Bandarlampung Kombes Ino Harianto mengatakan, pihaknya telah menyusun serangkaian pengamanan.

Pengamanan dimulau dari kedatangan hingga selesai. Di mana, pihaknya telah mendapat data siapa saja delegasi atau wali kota yang akan hadir ke Kota Tapis Berseri memalui Bandaran Raden Intan II dan Pelabuhan Bakauheni.

Untuk itu anggota polisi-TNI telah ditempatkan di lokasi penyambutan. Pihaknya pun memastikan kegiatan saat kedatangan berjalan dengan aman dan tertib.

"Pergeseran para delegasi kita lihat waktunya. Kita akan lakukan pengawalan dari titik penjemputan hingga hotel. Begitu juga yang dari Bakauheni kita kawal," ujarnya saat memberi keterangan di ruang rapat wali kota Bandarlampung, Rabu (25/5).

Di hotel tempat menginap, lanjut Ino, sudah dilakukan koordinasi antara TNI dan Polri untuk standby 1x24 jam. Sebab, lokasi kegiatan berada di hotel dan Graha Wangsa. 

"Seluruh rangkaian kegiatan sudah kita siapkan pengamanan, sampai kembalinya tamu-tamu kita lakukan pengamanan," ungkapnya.

Di mana, saat kedatangan ke Bandarlampung para wali kota dan delegasi lainnya tidak membawa kendaraan dan sopir. Sehingga kendaraan dan sopir disiapkan rental.

Atas petunjuk wali kota, kata Ino, pihaknya melakukan test urine dan antigen kepada para sopir yang akan membawa tamu. Serta memberikan pelatihan etika berlalu lintas.

"Sopir juga sudah kita minta data apakah orang baik atau tidak. Apabila ada catatan kurang baik kita drop out dan tidak layak untuk mensopiri. Ini langkah-langkah yang kita lakukan, mudah-mudahan tidak ada masalah dari keamanan," tuturnya.

Terkait jumlah personel yang diturunkan, Ino mengungkapkan bahwa ada anggota baik itu TNI, Polri dibantu Dinas Perhubungan, dan Banpol-PP.

"Kalau terkait pengawalan terhadap menteri dan anak keluarga presiden ada pengawalan khusus. Untuk pergerakan dari tempat satu ke tempat lain. Kalau dua wali kota putra dan keluarga presiden ada pendampingan dari Paspampres," jelasnya.

Senada, Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Faisol Izuddin Karim mengatakan, pihaknya telah membuat rencana pengamanan terintegrasi antara Polisi, TNI, Banpol-PP, dan lainnya.

"Kami dukung penuh pengamanan HUT APEKSI. Kami buat rencana pasukan yang ditempatkan di titik dan tempat menginap serta tempat yang akan digunakan delegasi atau wali kota," tuturnya.

Sumber: