Bunda Eva 2 - Iklan Prima

Hati-hati! Perguruan Tinggi Ini Jadi Sasaran Kelompok Paham Radikal

Hati-hati! Perguruan Tinggi Ini Jadi Sasaran  Kelompok Paham Radikal

ILUSTRASI/FOTO MICHALSUSZYCKI/DREAMTIME.COM --

JAKARTA, RADARLAMPUNG.CO.IDBeberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia menjadi sasaran utama kelompok berpaham radikal. Antara lain Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). 

"Universitas terkenal di Indonesia, seperti ITB, IPB, UI, UGM, ITS, dan lain-lain menjadi target utama pengembangan ide-ide radikalisme," papar mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi era Presiden Gus Dur, Muhammad A.S. Hikam dalam seminar di Universitas Paramadina, Sabtu (4/6).

Hikam menuturkan, mahasiswa adalah target paling penting bagi gerakan kelompok radikal. Di mana, jumlah mahasiswa yang besar dan bisa menyuarakan aspirasi ke ranah publik.

BACA JUGA:Istri Beri Makan Anak, Burung Suami Hilang

"Tidak hanya menjadi target penyebaran paham radikal. Mahasiswa juga disiapkan menjadi aktor utama," tegasnya.

Dilanjutkan, pola rekrutmen dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari lembut hingga keras. Kelompok radikal juga mengetahui cara mendapat perhatian mahasiswa.

"Para mahasiswa bisa menjadi target pengembangan ideologi dan pelaku dalam kegiatan-kegiatan terorisme," tandasnya.

Sebelumnya, Densus 88 Anti Teror mengamankan IA, mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang asal Lampung, Senin (23/5). Ia diduga terlibat pengumpulan dana membantu kegiatan ISIS di Indonesia.

BACA JUGA:Selamat! Mitch Evans Juarai Formula E Jakarta e-Prix 2022

Kemudian mengelola media sosial menyebarkan materi-materi ISIS terkait terorisme.

Salah seorang tetangga di sekitar kediaman IA, Jalan Dharma Bakti, Gang Sejati, RT.3/RW.7, Kelurahan Bukit Kemuning, Bukit Kemuning, Lampung Utara menyebut, pemuda itu dikenal sosok anak yang pintar.

Dari pendidikannya, kelulusan SDN 3 Bukit Kemuning, SMPN 1 Bukit Kemuning dan SMAN 1 Bukit Kemuning. Kemudian melanjutkan pendidikan angkatan 2019 pada program studi (prodi) Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

"Terus terang, setelah dia merantau ke Malang, menimba ilmu di fakultas, kepribadiannya berubah. Mulai dari pakaian dan sedikit tertutup dengan warga di lingkungan ini," ujarnya. (*)

 Artikel ini telah lebih dulu tayang di Disway.id dengan judul Waspada! UI hingga UGM Disebut Jadi Target Utama Kelompok Paham Radikal

Sumber: