Saluran Air Dirusak Gajah, 300 KK di Bandar Negeri Suoh Kesulitan Air

Saluran Air Dirusak Gajah, 300 KK di Bandar Negeri Suoh Kesulitan Air

Masyarakat bergotong-royong mengumpulkan pipa saluran air bersih yang dirusak kawanan gajah. FOTO DOKUMEN PERATIN--

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.IDKawanan gajah merusak saluran air bersih di Pekon Gunung Ratu, Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Lampung Barat. Ini menyebabkan pasokan air bersih masyarakat terhenti.

Sementara perbaikan tidak bisa dilakukan karena kawanan gajah masih belum menjauh dari lokasi.

Peratin Gunung Ratu Hilmansyah mengungkapkan, terdapat 300 batang atau sekitar 1.200 meter saluran air bersih yang rusak. Dari 300 batang tersebut, sebanyak 100 batang yang tidak lagi bisa digunakan karena pecah akibat diinjak-injak oleh kawanan gajah.

BACA JUGA: Viral, Modus Menghadiri Pesta, Ibu-ibu Mencuri di Rumah Mantan Pj. Bupati Lampung Timur

"Untuk pipa yang lepas itu 300 batang. Sebanyak 100 batang yang hancur diperkirakan terjadi kemarin (Minggu, 12/6). Kerusakan itu menyebabkan pasokan air bersih masyarakat terhenti untuk sementara," kata Hilmansyah, Senin (13/6).

Dijelaskan, sumber air bersih tersebut selama ini mencukupi kebutuhan air bersih sekitar 300 kepala keluarga (KK), yang ada di Pemangku Kali Mendong Selatan, Sridadi, Pedukuhan dan Kali Mendong Utara.

"Akibat kerusakan tersebut, 300 KK yang selama ini mengandalkan sumber air bersih kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Sementara perbaikannya belum bisa kami lakukan, karena kawanan gajah tersebut masih berada di sekitar lokasi. Dikhawatirkan membahayakan masyarakat yang bekerja melakukan perbaikan," ujarnya.

BACA JUGA: Wanita yang Mencuri di Hajatan telah Dilimpahkan ke Polresta Bandar Lampung

Hilmansyah mengungkapkan, sumber air bersih tersebut dibangun bersumber dari dana desa (DD) dalam dua tahun anggaran. Total panjang saluran air bersih yang bersumber dari Gunung Kalibata tersebut mencapai delapan kilometer. (nop/ais)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: