HUT 77 RI

Tunggu Jadwal Vaksin PMK, DKP3 Metro Imbau Tetap Waspada

Tunggu Jadwal Vaksin PMK, DKP3 Metro Imbau Tetap Waspada

Kepala Dinas DKP3 Kota Metro Heri Wiratno. Foto Ruri/Radarlampung.co.id --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Metro tengah menunggu jadwal vaksin penyakit mulut dan kuku bagi ternak di Kota Metro.

Kepala Dinas DKP3 Kota Metro Heri Wiratno mengatakan, pihaknya masih menunggu jadwal dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung untuk pemberian vaksin pada hewan ternak di Kota Metro.

“Karena ini kewenangan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, dan pendanaan juga dari mereka. Kita masih menunggu jadwalnya,” ujarnya, Senin (13/6).

Dikatakannya, terlebih dahulu vaksin akan diberikan ke daerah yang hewan ternaknya sudah terpapar penyakit mulut dan kuku. Hewan ternak di Kota Metro sejauh ini masih dinilai aman.

“Belum ada terkontaminasi. Tapi, nanti akan diuji laboratorium dulu hewan ternaknya. Baru dikatakan aman atau tidak,” imbuhnya.

Heri menuturkan, jumlah ternak di Kota Metro yang terdiri dari sapi dan kambing ada sekitar 11 ribuan lebih. Semua hewan ternak tersebut harus divaksin. Agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku.

“Jika ada satu yang terkontaminasi, harus segera diisolasi,” katanya.

Ia menambahkan, menjelang Idul Adha nanti, pihaknya akan mengumpulkan pengurus masjid untuk menyosialisasikan terkait penyakit tersebut.

“Agar mereka mengetahui ciri-ciri dari PMK, dan bisa mengantisipasinya. Apalagi jika hewan qurbannya dikirim dari luar Metro. Hewan ternak yang terkena penyakit ini. Secara ekonomi harganya akan jauh merosot. Tentu ini kan merugikan peternak. Maka itu, kami tetap mengimbau peternak di Metro untuk antisipasi penyakit ini. Terlebih menjelang Idul Adha nanti,” pungkasnya. (rur)

Sumber: