Penerima BPNT di Tubaba Capai 19.544 Orang

Penerima BPNT di Tubaba Capai 19.544 Orang

Radar Lampung Online - Disway National Network-radarlampung.co.id-

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, tahun 2022 ini mencapai 19,544 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).  

Demikian disampaikan Kepala Bidang Fakir Miskin Dinas Sosial Tubaba, Sudarti, di ruang kerjanya, Selasa 14 Juni 2022. “Berdasar data KPM BPNT dari Pemerintah Pusat, pada tahun ini total ada 19,544 warga yang menjadi KPM, yang diambil berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).” katanya.

Dari total data penerima tersebut, tidak semua terealisasi menerima bantuan, hanya 18.915 KPM saja yang berhasil disalurkan bantuannya, karena sisanya sekitar 629 KPM tidak ditemukan, kemungkinan ada yang meninggal, pindah, atau alasan lainnya.

BACA JUGA:Warga Menjerit, Harga Bahan Pokok Cabai dan Bawang di Tubaba Meningkat

"Masing-masing KPM menerima bantuan Rp200 ribu, mekanisme penyaluran pada tahun ini berbeda dari sebelumnya yang biasanya melalui E - warung,"jelasnya.

Kata dia, pengiriman BPNT tahun ini telah direalisasikan untuk bulan Januari, Februari, dan Maret melalui Kantor Pos secara tunai, untuk kemudian dibelanjakan kebutuhan pangannya oleh penerima sesuai ketentuan BPNT.

"Adapun yang bulan April lalu melalui Bank, dan Mei kembali melalui Pos dan masih proses pembayaran sekarang."tuturnya.  

BACA JUGA:Pemkab Tubaba Tertibkan Banner Balon Gubernur

Jika ada KPM tidak ditemukan, maka bantuan akan kembali ke Pusat. Dan jika ada warga yang ingin mengajukan BPNT, pihak Dinas Sosial tidak dapat mengajukan proposal, hanya sebatas penginputan di DTKS saja.  

"Kita tidak ada proposal, karena kebijakan penerima BPNT apakah ada penambahan atau pengurangan sudah dari Pusat langsung. "Kita berharap penyaluran bpnt tahun ini berjalan lancar tanpa ada kendala apapun," tutupnya. (fei/ang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: