Dinas TPH Pesawaran Usulkan Pabrik Pengeringan Jagung ke Kementan

Dinas TPH Pesawaran Usulkan Pabrik Pengeringan Jagung ke Kementan

Radar Lampung Online - Disway National Network-radarlampung.co.id-

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Pesawaran mengajukan usulan pembangunan pabrik pengeringan jagung ke Kementerian Pertanian. Hal itu sebagai upaya meningkatkan harga jual jagung di kabupaten tersebut. 

Kepala Dinas TPH Sam Herman mengatakan, di Pesawaran, penghasil jagung terbesar adalah Kecamatan Tegineneng. Karena itu pihaknya tengah mengupayakan  pembangunan pabrik pengeringan jagung. 

”Dengan adanya pabrik pengeringan jagung, maka bisa langsung  diolah, sehingga harga jual meningkat. Kita lagi berupaya membangun koordinasi dengan Kementerian Pertanian. Insya Allah tahun ini bisa terwujud," kata Sam Herman.

BACA JUGA: Vonis 12 Tahun Penjara, Mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin Langsung Banding  

Tidak hanya itu. Salah satu program Dinas TPH, pihaknya memberikan asuransi untuk lahan para petani jika mengalami gagal panen akibat bencana alam seperti banjir dan lainnya. Ini dilakukan melalui Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Dengan begitu, kerusakan tanaman padi akibat bencana dapat diklaim 

"Jika ada bencana seperti puso, para petani yang telah terdaftar AUTP sudah di-cover asuransi," sebut dia.

Program lainnya, Dinas TPH memberikan pendampingan kepada para petani agar mengaplikasikan Kartu Petani Berjaya (KPB). Saat ini sekitar 40 persen atau 20 ribu lebih petani di Pesawaran sudah memiliki KPB. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: