Header 7th RLO

BBI Lagawi Fest, Dukung Serapan Penggunaan Produk Lokal

BBI Lagawi Fest, Dukung Serapan Penggunaan Produk Lokal

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi saat mendampingi Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan saat memberikan sambutan kepada--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Puncak Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) berlangsung di Tegal Mas, Pesawaran, pada Kamis 23 Juni 2022.

Sejumlah Menteri hadir dalam kegiatan ini, salah satunya Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Dia mengatakan, saat ini pemerintah konsisten mengkampanyekan pembelian dan penggunaan produk dalam negeri. Hal ini untuk mendongkrak pertumbuhan industri Tanah Air.

Kampanye ini, merupakan wujud pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, yang dilatarbelakangi semangat untuk membangkitkan gairah pelaku usaha industri kecil dan menengah melalui pemanfaatan teknologi dan digitalisasi bisnis.

BACA JUGA:Kegiatan Bunga Kampung Resmi Dibuka Wabup Lamteng di Kecamatan Bandar Surabaya

Melalui Gernas BBI, IKM dapat mengembangkan usaha, meningkatkan transaksi penjualannya, dan menjangkau pasar yang lebih luas.

"Dari target onboarding sebesar 30 juta UMKM/IKM pada 2023, sudah terjadi peningkatan sebesar 11,1 juta unit onboarding. Sehingga sampai dengan Mei 2022, total IKM sudah mencapai 19,1 juta unit. Rata-rata per bulan meningkat sebanyak 400 ribu IKM. Tidak cukup di angka 400 ribu, harus ditingkatkan menjadi 600 ribu per bulan. Top Brands agar meningkatkan jumlah IKM onboarding dan meningkat transaksinya," beber Luhut.

Dia mengatakan BBI telah mendorong aksi afirmasi belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri dengan target serapan minimal Rp 400 triliun. "Realisasi Per 20 Juni 2022 mencapai Rp 225,43 triliun. Hal ini sudah mendapat perhatian langsung dari Bapak Presiden," tambahnya.

Dalam penyelenggaraan BBI Lagawi Fest 2022, Menko Luhut berharap champion terpilih dapat diberi pendampingan lanjutan oleh Pemerintah Daerah.

BACA JUGA:Bocor! Di Tanggal Berikut Ini Pemkot Bandar Lampung Kabarnya Akan Cairkan Gaji Ke-13

"Harapannya, pada 2023 mereka sudah merambah masuk ke pasar global. IKM unggulan hasil BBI juga akan dipilih untuk berpartisipasi pada agenda G20 tahun ini,” ungkap Menko.

Sepanjang 2022, pemerintah mengagendakan kampanye Gernas BBI di 12 provinsi. Sebagai salah satu campaign manager, Kementerian Perindustrian menggelar Gernas BBI di Provinsi Lampung dengan tema Lagawi Fest, Lampung Bangga Wirausaha Industri dan taglineSatu Bumi Juta Karya.

Lagawi Fest dibuka sejak 17 Maret lalu, bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-58 Provinsi Lampung.

“Tiga tujuan utama dilaksanakannya program Gernas BBI #LagawiFest ini adalah untuk meningkatkan jumlah industri kecil dan menengah yang onboarding, pendampingan wirausaha industri, dan peningkatan transaksi penjualan para IKM,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam laporannya saat acara HarvestingBBI Lagawi Fest 2022, di Pulau Tegal Mas, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Sumber: