Prodi Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pelatihan Google Site SMAN 1 Kota Gajah

Prodi Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pelatihan Google Site SMAN 1 Kota Gajah

FOTO HUMAS UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA--

LAMPUNG TENGAH, RADARLAMPUNG.CO.IDProgram studi Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat di SMAN 1 Kota Gajah, Lampung Tengah.

Ini merespon munculnya model pembelajaran hybrid learning di masa pasca pandemi Covid-19 di tingkat sekolah menengah atas.

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan Google Site. Pembelajaran di masa pandemi menantang para guru untuk cepat beradaptasi ke platform dalam jaringan dan menyiapkan bahan ajar lebih kompleks. 

Tim pengabdian kepada masyarakat diketuai oleh E. Ngestirosa E W K, M.A. dengan anggota Dr. Afrianto, M.Hum.; Sugama Maskar, M.Pmat. dan Parjito, M.Cs. 

BACA JUGA: Keren, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Teknokrat Indonesia Juara Nasional News Anchor di UAD

Kegiatan ini juga dibantu oleh beberapa mahasiswa orogram studi Sastra Inggris. Yakni Rivando Bayu dan Rekhsa Ramadani Azzahra.

Sebanyak 20 guru antusias mengikuti pelatihan ini. Dengan membawa laptop masing-masing, setiap guru membuat akun dan mengelola akun google site mereka.

"Pemilihan google site sebagai media alternatif untuk pengembangan Learning Management System (LMS) sekolah. Mudah untuk dibuat dan dikelola," kata E. Ngestirosa E W K, M.A. 

Dibanding dengan platform lainnya, google site lebih praktis untuk pengisian konten dan cocok bagi guru yang masih awam dengan online learning. 

BACA JUGA: Ini Alasan Kenapa Harus Kuliah di Universitas Teknokrat Indonesia

"Pelatihan ini diawali dengan penjelasan tentang fitur-fitur di dalamnya,” sebut E. Ngestirosa.

Kemudian para pelatih memberikan contoh bagaimana mengunggah materi pembelajaran, menyimpan silabus, memberikan tugas, sampai dengan memantau tugas.

Secara tidak langsung, materi-materi ini akan tersimpan sehingga guru tidak perlu khawatir jika data di laptopnya hilang.

”Dengan pelatihan ini diharapkan, kedepannya guru-guru ini dapat mengisi konten pembelajaran sendiri dan bisa melakukan transisi pembelajaran daring yang lebih cepat," tambah E. Ngestirosa. Sementara Kepala SMAN 1 Kota Gajah  R. Surya Damayanti, M.Pd menyambut baik kegiatan ini.

BACA JUGA: Universitas Teknokrat Indonesia Gelar Pelatihan Komputer Akuntansi Sekolah Binaan di SMKN 1 Natar

Di mana, guru mendapatkan penyegaran dalam metode pembelajaran secara daring yang bermanfaat untuk kedepannya.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. Hi Mahatir Muhammad berharap, pelatihan ini bisa membantu mengatasi permasalahan pendidikan dan pengajaran bahasa di sekolah.

Juga sebagai sumber kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebelumnya, program studi Sastra Inggris dan Pendidikan Matematika Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Teladan Way Jepara.

BACA JUGA: Universitas Teknokrat Indonesia Kembali Raih Juara 1 Nasional News Casting

Pelatihan dipandu dosen Dr. Heri Kuswoyo, M.Hum.; Sugama Maskar, M.Pmat.; Dr. Afrianto, M.Hum. dan Arief Budiman, M.Cs. Kemudian diikuti mahasiswa program studi Sastra Inggris Danu Satya Nugraha dan Farizha Audi. 

Dekan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikam sekaligus  tim dosen UTI Dr. Heri Kuswoyo mengatakan, saat ini, pembelajaran dalam jaringan (daring) menjadi salahsatu kunci sukses pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Termasuk di sekolah menengah atas.

Banyak sekolah yang berada dalam transisi ke pembelajaran daring. Di mana, proses tersebut membutuhkan waktu yang lama dan sumber daya manusia yang perlu terus dilatih. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: