Bupati Tanggamus: FS KWT Adalah Kelompok Wanita Tangguh

Bupati Tanggamus: FS KWT Adalah Kelompok Wanita Tangguh

Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengukuhkan FS KWT masa bhakti 2022-2027. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.IDForum Sahabat Kelompok Wanita Tani (FS KWT) adalah kelompok wanita tangguh. Ini sesuai dengan misi kabupaten Tanggamus yaitu tangguh, agamis, mandiri, unggul dan sejahtera.   

Tangguh dan hebat karena betul-betul kreatif. Penuh semangat dan inovatif yang pada akhirnya keberadaan Forum Sahabat Kelompok Wanita Tani ini diharapkan bisa mewujudkan ketahanan pangan Tanggamus. Khususnya yang berawal dari ketahan pangan keluarga.

Hal ini disampaikan Bupati Dewi Handajani usai mengukuhkan Forum Sahabat Kelompok Wanita Tani (FS KWT) Tanggamus masa bhakti 2022-2027.

Kegiatan berlangsung di aula terbuka Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Tanggamus, Rabu 29 Juni 2022.

Selain itu, FS KWT juga diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat. ”Karena adanya upaya-upaya dilakukan untuk  mengembangkan roda perekonomian dan berimbas pada peningkatan pendapatan keluarga. Sehingga bisa lebih sejahtera,” ungkap Dewi Handajani.

Kita ketahui, lanjut Dewi Handajani, sebagian besar masyarakat Tanggamus bermata pencarian sebagai petani.

”Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu, sesuai dengan apa yang menjadi program 55 Aksi Desa Pemkab Tanggamus di Kecamatan Air Naningan telah diresmikan sekolah menengah kejuruan pertanian. Tentunya ini akan dapat memberikan daya dukung yang lebih baik lagi terhadap kemajuan sektor pertanian,” tukas Dewi Handajani.

Karenanya dibentuknya FS KWT ini akan menjadi sarana bagi kita semuanya untuk saling berbagai ilmu. Untuk itu ke depan akan disusun program-program yang akan dilakukan.

”Tentunya ini bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus,” imbuh Dewi Handajani.

Dewi Handajani mengungkapkan, membuat program dari masyarakat dan disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

"Artinya, pemkab akan membuat program yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan. Bersinergi dengan  masukan masukan dari KWT,” pungkas Dewi Handajani.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Tanggamus Catur Agus Dewanto dalam laporannya mengatakan, saat ini ada 386 kelompok wanita tani yang tersebar di 20 kecamatan seTanggamus.

Dari jumlah itu, beberapa Kelompok Wanita Tani sudah melakukan berbagai kegiatan. Di antaranya kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan, produk olahan dan lain-lain. 

Ketua Harian FS KWT Tanggamus Ning Sulasih mengatakan, tujuan pembentukan FS KWT antara lain untuk memberdayakan ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan hasil pertanian.

Kemudian memberdayakan ibu rumah tangga dalam pengelolaan dan pemasaran untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota kelompok dan keluarganya.

"FS KWT dibentuk untuk dapat meningkatkan produktivitas sumber daya dengan melakukan pendidikan bimbingan penyuluhan sektor pertanian, sehingga dapat mandiri pangan di tingkat keluarga. Karenanya terima kasih atas telah dikukuhkannya FS KWT ini,” sebut dia.

Pada acara pengukuhan yang juga diisi dengan sesi Tanya jawab tersebut, juga digelar berbagai lomba. Di antaranya lomba  olahan alpukat, lomba tumpeng dan lainnya.

Hadir pada acara pengukuhan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Edi Narimo, Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Dhani Reza Efriansyah, sejumlah pejabat serta para anggota KWT dari berbagai kecamatan. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: