Masuk Zona Merah Penyebaran PMK, DPRD Metro Dorong Percepatan Vaksin

Masuk Zona Merah Penyebaran PMK,  DPRD Metro Dorong Percepatan Vaksin

FOTO DOK. PRIBADI - Anggota Komisi I DPRD Metro M. Fermanto.--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro mendorong Pemerintah Kota Metro terus melakukan percepatan vaksinasi pada hewan ternak. 

Hal tersebut menyusul sudah ditemukan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kota Metro. Dan sebagai langkah antisipasi penularan penyakit tersebut.

Anggota Komisi I DPRD Kota Metro M. Fermanto mengatakan, setelah ditetapkan zona merah penyebaran PMK di Kecamatan Metro Selatan, pihaknya mendorong dinas terkait untuk percepatan vaksinasi.

“Kita tahu Metro Selatan sudah menjadi Zona Merah PMK. Jadi pemkot melalui dinas terkait harus gerak cepat ya untuk mendorong percepatan vaksinasi,” ujarnya, Rabu, 29 Juni 2022.

BACA JUGA:Target Vaksinasi PMK, Dinas Pertanian ‘Berburu’ Ternak di Pringsewu

Percepatan vaksinasi juga diperlukan sebagai antisipasi. selain itu dibutuhkan pula pengawasan hewan ternak yang perlu ditingkatkan. Khususnya hewan yang keluar dan masuk dari wilayah Kecamatan Metro Selatan.

Tentunya pengawasan hewan ternak harus lebih ditingkatkan terutama di daerah yang sudah terpapar. Jadi wabah virus ini tidak semakin meluas ke daerah dan hewan lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, upaya antisipasi lainnya perlu dilakukan. Supaya penyakit tersebut tidak menyebar ke hewan yang lainnya. Menurutnya, itu akan bisa berdampak pada perekonomian masyarakat.

“Upaya lainnya perlu dilakukan apalagi ini menjelang Idul Adha yang biasanya peternak akan memperoleh untung besar. Dikhawatirkan PMK ini bisa berdampak besar, dan merugikan peternak,” pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: