Yuk Cek TV Kamu Sudah Digital Atau Belum?

Yuk Cek TV Kamu Sudah Digital Atau Belum?

STB (Set Top Box) TV Digital Kominfo--

radarlampung.co.id - Masyarakat yang hendak membeli Set Top Box (STB) untuk menjadikan televisinya digital lebih baik mengecek dahulu apakah tvnya masih merupakan tv analog atau justru sudah menjadi tv digital.

Hal ini karena tidak semua tv saat ini memerlukan perangkat STB loh untuk menjadikan tv mereka menjadi tv digital. Seperti dikutip dari siarandigital.kominfo.go.id ada cara-cara khusus untuk mengecek apakah tv kamu masih analog atau tv digital.

Yang pertama, membuka  siarandigital.kominfo.go.id. Kemudian Pilih menu “Perangkat TV Digital”. Lalu pada menu "Pilih Kategori" klik “Televisi”.

Kemudian isi merek televisi beserta Model/Type-nya. Jika merek televisi dan type merupakan TV yang sudah bisa menerima siaran TV analog maka keterangannya merek dan tipe akan muncul.

BACA JUGA:Hadiri Giat Bunga Kampung di Selagai Lingga Lamteng, Bupati Musa Ahmad Disambut Meriah

Akan tetapi, jika televisi tidak terdaftar maka akan muncul keterangan, “Mohon maaf, perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat”.

Selanjutnya, cara menonton TV Digital itu bisa dilakukan demgan memastikan daerah mu sudah terdapat siaran televisi digital. Di Lampung, pada tahap pertama ada tujuh daerah. Nantinya tahap kedua yang mulai 25 Agustus mendatang ada tiga daerah lainnya.

Selanjutnya siapkan antena UHF baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor) yang juga biasa digunakan untuk menangkap siaran televisi analog.

Pastikan televisi di rumah Anda sudah dilengkapi dengan penerima siaran televisi digital DVBT2. Namun, jika televisi di rumah Anda hanya bisa menerima siaran televisi analog, maka perlu memasang dekoder set top box.

BACA JUGA:Tumbuh Hingga 140 persen, TADEX Semakin Dipercaya

Set Top Box akan membantu sinyal televisi digital yang ditangkap oleh antena untuk dapat ditampilkan meski televisi di rumah Anda adalah televisi untuk siaran analog. Setelah perangkat tersambung, pilih opsi Pengaturan/Setting, lalu pilih auto scan untuk memindai program-program siaran televisi digital di sekitarmu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: