Manusia Dilarang Berobat di Posyandu Ini

Manusia Dilarang Berobat di Posyandu Ini

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji melalui bidang peternakan Mesuji, mencanangkan tambahan untuk posyandu hewan pada 2023 mendatang.

Adapun posyandu hewan tersebut akan tersebar di 7 kecamatan.

"Setiap kecamatan minimal ada satu posyandu hewan," ungkap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Pariman, Senin 4 Juli 2022.

Ia menjelaskan, saat ini, Kabupaten Mesuji telah memiliki posyandu yang tersebar di empat kecamatan.

"Kami memiliki Posyandu hewan yang tersebar di 4 Kecamatan. Kedepan, kami akan nambah Posyandu hewan lagi di 3 Kecamatan lain," ungkap Pariman.

Empat Kecamatan yang memiliki posyandu hewan itu berada di Kecamatan Tanjung Raya yakni di Desa Mekar Sari, Desa Bujung Buring dan Desa Brabasan. Kemudian Kecamatan Way Serdang, Panca Jaya dan Mesuji Timur.

"Kecamatan Tanjung Raya ada 3 Posyandu Hewan. Karena wilayah itu cukup luas, makanya ada 3 Posyandu di kecamatan itu," ujarnya.

Kedepan, sambung Pariman, pihaknya akan membentuk Posyandu hewan di 3 Kecamatan lain. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan hewan di setiap Kecamatan.

"Kegiatan rutin posyandu hewan sendiri dilakukan setiap triwulan sekali. Di Posyandu itu melayani kegiatan pemeriksaan hewan maupun kawin suntik pada hewan ternak. Jadi bukan untuk Manusia ya, tapi posyandu khusus hewan," ucapnya.

Adapun bentuk pelayanan di posyandu hewan tersebut, Dia menyebut bukan hanya hewan ternak seperti sapi, kambing dan lainnya. Namun, juga untuk hewan peliharaan. Seperti kucing.

"Setiap Posyandu hewan ada 2 dokter hewan yang standby. Kemudian para tenaga medis sebanyak dua orang dan para petugas inseminator sebanyak 9 orang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: