Iklan Bos Aca Header Detail

Tim Gabungan Lakukan Pemeriksaan di Lapak-lapak Hewan Kurban Bandar Lampung, Ini Hasilnya

Tim Gabungan Lakukan Pemeriksaan di Lapak-lapak Hewan Kurban Bandar Lampung, Ini Hasilnya

Tim gabungan lakukan pengawasan di lapak pedagang hewan kurban.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung bersama pihak terkait melakukan pengawasan ketersediaan dan Kesehatan Hewan kurban 1445 H/2024.

Kegiatan tersebut dilakukan pada Rabu 12 Juni 2024 di beberapa lapak hewan kurban yang ada di Kota Bandar Lampung.

Dari pantauan Radarlampung.co.id, tim yang dipimpin oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Lili Mawarti.

Pengawasan dilakukan di lapak hewan kurban kambing yang ada di Jl. Rasuna Said, Gulak Galik, Bandar Lampung. Dilanjutkan ke lapak hewan kurban sapi di dekat Terminal Kemiling.

BACA JUGA:Jelang Armuzna, Petugas Haji Lampung Barat Terus Periksa Kesehatan Jemaah

Lili Mawarti mengatakan, pemerintah pusat dan daerah memiliki kewajiban dalam pengawasan, pemeriksaan, pengujian, standarisasi, sertifikasi, serta registrasi.

Menghadapi hari besar keagamaan Hari Raya Idul Adha 1445 H, kata Lili Mawarti, pihaknya melakukan pengawasan ketersediaan dan kesehatan hewan kurban.

Dijelaskan Lili Mawarti, pengawasan ini berpedoman PP Nomor 95 tahun 2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan juga Permentan 114 tahun 2014 tentang Pemotongan Hewan Kurban.

Serta, Permentan 17 tahun 2023 tentang tata cara pengawasan lalu lintas hewan, produk hewan, dan media pembawa penyakit hewan lainnya.

BACA JUGA:Pantai Benawang di Pesisir Barat Penuh Dengan Limbah Kulit Kelapa

Pengawasan dengan tim lengkap hari ini, menurut Lili Mawarti dilakukan pada H-7 jelang Idul Adha 1445 H di lapak-lapak penjualan hewan kurban.

"H-14 kemarin kita sudah melakukan pengawasan di sentra peternakan dan penjual hewan kurban," ujar Lili Mawarti di Kemiling, Rabu 12 Juni 2024.

Lanjut Lili Mawarti, pengawasan hewan kurban akan dilakukan pada H-3 sampai hari H dilokasi pemotongan hewan kurban.

"Kita juga awasi pada hari H sampai H+3 di lokasi pemotongan hewan kurban seperti RPH maupun masjid-masjid dan proses distribusi daging kurban," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: