MPP Tulang Bawang Jadi Percontohan di Lampung

MPP Tulang Bawang Jadi Percontohan di Lampung

Kepala DPMPTSP Tulang Bawang menerima kunjungan study tiru perwakilan Pemkab Tulang Bawang Barat. Foto Dok. DPMPTSP Tulang Bawang--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Mal Pelayanan Publik (MPP) milik Pemkab Tulang Bawang kembali menjadi percontohan bagi daerah di Lampung.

Terbaru, MPP pertama di Lampung tersebut menjadi bahan study tiru Pemkab Tulang Bawang Barat. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tulang Bawang Dedi Palwadi mengatakan, Pemkab Tulang Bawang Barat melalui Kepala DPMPTSP, Kepala Disdukcapil, dan Staf Ahli Bupati telah berkunjung ke MPP Tulang Bawang untuk melakukan study tiru.

Kunjungan tersebut dilakukan karena daerah pecahan Kabupaten Tulang Bawang tersebut berencana mendirikan MPP.

BACA JUGA:5 Dzulhijjah, Winarti Lantik 36 Pejabat, Berikut Ini Namanya

Dedi menjelaskan, MPP Tulang Bawang yang terletak di komplek perkantoran tiuh tohou itu menjadi rujukan karena satu-satunya di Lampung. 

Mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika itu melanjutkan, daerah yang telah melakukan study tiru bukan hanya dari Lampung.

"Selain dari Kabupaten Tulang Bawang Barat, beberapa daerah sudah pernah datang untuk melakukan kunjungan study tiru. Bukan hanya dari lokal Lampung, tapi juga ada yang dari Sumsel," katanya, Rabu 6 Juli 2022.

Beberapa daerah tersebut yakni: Kabupaten Lampung Tengah, Pringsewu, Mesuji, dan Kota Metro. Sementara yang berasal dari Sumatera Selatan adalah Kabupaten Prabumulih dan Ogan Komering Ilir (OKI).

BACA JUGA:Kontrak Baru, Gaji Per Bulan Mohamed Salah Senilai Gaji Ke-13 Seluruh ASN Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang sendiri menjadi salah satu daerah yang menjadi pionir bagi pelayanan terintegrasi di dalam satu gedung di Lampung.

Diketahui, Mal Pelayanan Publik merupakan konsep mengintegrasikan berbagai layanan kepada masyarakat dalam satu tempat sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan dalam upaya menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman.

MPP Tulang Bawang ketika itu diresmikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Almarhum Tjahjo Kumolo pada hari Rabu, 4 November 2020.

Di sini masyarakat dalam mengurus berbagai bentuk perizinan mulai dari pengurusan Kartu Keluarga, KTP, Akte, berbagai jenis izin usaha, Izin Laborat, Permohonan Laik Hotel, BPHTB, Pajak Restoran, Pajak Reklame, Pajak Hiburan dan berbagai macam pelayanan lainnya di dalam satu lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: