Semprotkan Disinfektan untuk Kendalikan PMK di Metro

Semprotkan Disinfektan untuk Kendalikan PMK di Metro

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Metro menyemprotkan disinfektan ke sejumlah kandang ternak di Kota Metro. Hal tersebut sebagai upaya mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) lebih luas pada hewan ternak.

Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno mengatakan, menyusul ditetapkannya zona merah penyebaran PMK di Kecamatan Metro Pusat sebagai wilayah yang kedua, pihaknya melakukan penyemprotan. Sebagai upaya penanggulangan dan pengendalian penyebaran PMK di Kota Metro.

"Penyemprotan mulai kemarin sampai 12 Juli 2022 mendatang di kelompok ternak di lima kecamatan Kota Metro. Penyemprotan sendiri dibantu relawan PMI," katanya, Kamis 7 Juli 2022.

Pihaknya selalu mengimbau kelompok ternak untuk ketat dan rutin menjaga kebersihan kandang ternaknya. Itu sebagai langkah pengendalian penyakit tersebut.

BACA JUGA:Catat! Ini Titik Penjualan Minyak Goreng Rp 14 Ribu di Pringsewu

"Kebersihan kandang itu harus dijaga. Lalu, sebisa mungkin yang mengurus kandangnya itu satu orang saja, jangan bergantian," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Metro Silfia Naharani Wahdi menambahkan, setelah mendapatkan surat permintaan penyemprotan disinfektan dari DKP3, pihaknya langsung menurunkan relawan.

"Iya, setelah kita mendapatkan surat permintaan dari DKP3. Kita siap membantu dan kita terjunkan relawan untuk penyemprotan," ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya siap membantu para peternak untuk penyemprotan cairan disinfektan sebagai pencegahan penyebaran PMK.

BACA JUGA:Soal Lebaran Idul Adha Jatuh Hari Sabtu, Ini Kata Pemkab Lampura

"Jika ada permintaan ya akan kami tindaklanjuti. Kami akan bantu dengan menerjunkan tim,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: