Pemkot Metro Kejar Target Wujudkan Smart City

Pemkot Metro Kejar Target Wujudkan Smart City

FOTO RURI SETIA UNTARI/RADARLAMPUNG.CO.ID - Wali Kota Metro Wahdi--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro terus mengejar target dalam mewujudkan Smart City. Pasalnya, Kota Metro meraih peringkat tertinggi pada evaluasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) se-Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Metro Subehi melalui Kepala Bidang Informatika dan Persandian Andi Setiyono mengatakan, penghargaan tersebut diberikan berdasarkan dari Surat Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia nomor 1503 tahun 2021. Tentang hasil Evaluasi SPBE pada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah tahun 2021.

Dijelaskannya, dari nilai tertinggi yang diraih tersebut, membuat Kota Metro satu tahap lebih maju untuk mewujudkan SPBE. 

“Jadi, kita sudah semakin dekat dengan Smart City. Karena kan menjadi Smart City itu seluruh aspek pelayanannya harus berbasis digital. Sementara, beberapa pelayanan di Metro sudah menuju ke sana,” terangnya, Jumat 8 Juli 2022.

BACA JUGA:Obat Herbal yang Bisa Sembuhkan Penyakit Darah Tinggi

Ia mengatakan, selain itu, Kota Metro juga telah dinyatakan Lulus Asessment Smart City tahap Smart Goverment oleh Kementerian Kominfo RI. “Kita juga sudah dinyatakan lulus dari 67 kabupaten/kota yang mengikuti. Dan hanya 47 yang dinyatakan lulus asessment itu,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan raihan tersebut, menjadi tahap awal Kota Metro menuju Smart City. Namun, upaya lain pun harus tetap dilakukan, salah satunya pelayanan harus semua secara digital. 

“Jadi kalau kita sudah Smart City, semua pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat akan lebih mudah lagi diakses. Apalagi dapat diakses dari rumah. Tinggal menggunakan handphone dan masuk ke website dari masing-masing pelayanan,” jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: