Syukurlah, Tak Ada Hewan Kurban Terjangkit PMK di Metro

Syukurlah, Tak Ada Hewan Kurban Terjangkit PMK di Metro

KURBAN : Ditemukan cacing hati dan PMK pada hewan kurban-radarlampung.id-raselnews.com

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Wali Kota Metro dr Wahdi Sirajuddin memastikan hewan kurban di Kota Metro tidak  ada yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Pasalnya, pemeriksaan hewan kurban telah dilakukan.

Wahdi mengatakan, keseluruhan hewan kurban di Kota Metro telah dilakukan pemeriksaan. Dan tidak ada hewan kurban yang terjangkit PMK.

“Dari hasil pemeriksaan, dan laporan, tidak ada yang terkena PMK. Sedangkan jumlah total hewan kurban di Kota Metro berjumlah 1.184 sapi dan 1.477 kambing," katanya usai penyembelihan hewan kurban di Halaman Masjid Agung Taqwa Kota Metro, Senin 11 Juli 2022.

Dikatakan Wahdi, hal istimewa saat perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2022, tercatat Covid-19 semakin melandai. Namun, pihaknya tetap mengimbau untuk waspada adanya PMK terhadap hewan ternak.

BACA JUGA:PPPK Lampung Timur Segera Tandatangani Perjanjian Kerja, Ini Jadwalnya

“Alhamdulillah Idul Adha tahun ini Covid-19 semakin menurun dan landai, tetapi tetap waspada rupanya adanya penyakit mulut dan kaki (PMK) terhadap hewan ternak,” katanya.

Ia menuturkan, sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan antemortem kesehatan hewan potong sebelum disembelih. Pemeriksaan dilakukan oleh petugas pemeriksa yang berwenang. Pemeriksaannya dilakukan di kandang penampung dan dilakukan sebelum hewan dipotong.

"Apabila ada perkiraan terjadi suspek dilakukan Post Mortem pemeriksaan kesehatan jeroan dan karkas setelah disembelih yang dilakukan oleh petugas pemeriksa berwenang. Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada penambahan PMK," tukasnya.

Untuk diketahui, Wali Kota Metro menyerahkan hewan kurban sapi di Masjid Taqwa Kota Metro. Satu ekor sapi seberat 1,3 ton di halaman Masjid Taqwa dan kurban 2 ekor sapi di TMII Kota Metro, Senin 11 Juli 2022.

BACA JUGA:Sidak Tiga Kecamatan, Wabup Pesisir Barat Temukan Ini

Wahdi berharap, tahun depan bisa lebih banyak warga yang melakukan ibadah kurban.

“Hari ini kita mampu melaksanakan sunnah untuk berkurban karena hari berkurban ini lekat sekali dengan pengorbanan kita. Saya berharap di tahun ini seperti di tahun kemarin banyak yang berkorban dan semakin meningkat,” pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: