Parosil Mabsus Ketua IKA PPKN Universitas Lampung

Parosil Mabsus Ketua IKA PPKN Universitas Lampung

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus terpilih menjadi Ketua IKA PPKN Unila, Jumat 23 Juli 2022. FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID --

BANDAR LAMPUNG. RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus terpilih sebagai ketua Ikatan Alumni (IKA) PPKN Unila periode 2022-2027. 

Ini ditetapkan dalam musyawarah besar ikatan alumni PPKN Universitas Lampung ke-17 di Palm's Kafe, Kedaton, Bandar Lampung, Jumat 22 Juli 2022.

Ketua sidang mubes Edi Siswanto mengatakan, pemilihan tersebut didasari musyawarah dan kebersamaan dengan dasar demokrasi tetap pada akar rumpun.

"Jadi kami telah melakukan sidang pleno satu hingga dua. Mulai dari penetapan jadwal hingga pemilihan. Di mana, mereka merekomendasikan salah satu alumni PPKN tahun 1995 yang terbaik yaitu Pak Cik Parosil Mabsus," kata Edi Siswanto.

BACA JUGA: Sosok Perekam Kondisi Jenazah Brigadir J yang Ungkap Banyak Luka di Tubuhnya

Menurut Edi Siswanto, secara keseluruhan setelah diminta kesediaan, Parosil Mabsus langsung bersedia menjadi Ketua IKA PPKN.

Selain itu dengan terpilihnya Parosil Mabsus diharapkan bisa kembali membangkitkan semangat para alumnus yang ada di dalam IKA PPKN yang sebelumnya sempat fakum beberapa tahun lalu.

Di samping itu, Ketua IKA PPKN juga diminta untuk menghidupkan kembali fungsi strategis, khususnya di bidang pendidikan.

"Karena PPKN ini kan fokusnya Pancasila. Bagaimana Pancasila dan nasionalisme ini bisa didistribusikan di Lampung. Mengingat bisa mengcounter isu-isu radikalisme, ekstrimisme dan IKA ini kalau bersatu walupun beda profesi bisa menjadi altermatif pemerintah dalam membatu pencegahan  hal-hal radikalisme dan lainya," papar Edi.

BACA JUGA: Turun ke Jambi, Penyidik Bareskrim Periksa Keluarga Brigadir J

Sementara Parosil Mabsus mengungkapkan, terpilihnya sebagai Ketua IKA PPKN menjadi salah satu tanggung jawab besar untuk membumikan nilai-nilai dari pancasila.

"Hari ini saya diminta oleh alumni, baik senior dan yunior, termasuk para dosen supaya menjadi ketua IKA PPKN. Ini adalah tanggung jawab besar untuk saya Parosil Mabsus. Bukan bupati ya, untuk membumikan nilai pancasila. Karena memang masih ada paham-paham kecil yang mempertanyakan tentang ideologi manusia itu sendiri,” sebut Parosil Mabsus.

”Saya sebagai ketua berperan mendorong orang-orang PPKN ini untuk terus menyosialisakan atau membumikan nilai Pancasila dimanapun berada," tegas Parosil.

Parosil juga berharap IKA PPKN menjadi wadah yang anggotanya bisa berkontribusi bagi masyarakat dan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: