Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Kembali Gelar Peer Learning Meeting

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Kembali Gelar Peer Learning Meeting

Sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung pada pembukaan PLM, Selasa 26 Juli 2022. Sumber Foto: Dian Saptari/Radarlampung.co.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung kembali menyelenggarkan kegiataan Peer Learning Meeting, Selasa 26 Juli 2022 di Emersia Hotel Lampung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ratna Dewi mengatakan, kegiataan Peer Learning Meeting digelar dengan tujuan memperkuat perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang unggul.

"Melalui peningkatkan kemampuan literasi dan kreativitas masyarakat, serta proses saling belajar dan berbagi pengalaman, dapat mewujudkan Indonesia maju," ucap Ratna pada sambutan pembukaan Peer Learning Meeting Provinsi Lampung. 

Ratna menambahkan, untuk tahun 2022 telah ditetapkan sebanyak 6 kabupaten/kota dan 3 desa. Sebagai, penerima manfaat program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

BACA JUGA:Unila Beri Pendidikan dan Latihan untuk Penerima Beasiswa

Di antaranya, Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Pesawaran, dan Kabupaten Tanggamus serta 3 desa dari Tanggamus yang merupakan mitra tahun sebelumnya.

"Melalui pemberdayaan perpustakaan diharapkan dapat memperluas jangkauan perpustakaan. Juga, dapat mendekatkan akses informasi ke masyarakat," tambahnya.

Dilanjutkan, agar proses transformasi perpustakaan dapat terus berlanjut dan meningkat, perpustakaan Nasional berupaya memfasilitasi pertemuan antar pengelola perpustakaan dalam kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) tingkat Provinsi.

"Tujuannya untuk memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat pada saat proses belajar. Sehingga, perpustakaan dapat menjadi pusat bagi masyarakat untuk berkegiataan dan terkoneksi satu dengan yang lain," imbuhnya.

BACA JUGA:Selamat! 68 Mahasiswa UTI Lolos Seleksi Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) juga mendorong melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung. Agar kedepannya dapat merencanakan pertemuan PLM secara berkala, baik tatap muka maupun daring.

Ratna selaku Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung berharap, melalui kegiataan Peer Learning Meeting dapat meningkatkan performa individu di perpustakaan wilayah masing-masing. 

"Memperkuat sistem dan organisasi perpustakaan yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas perpustakaan dan juga pemanfaatannya oleh masyarakat. Sehingga, dapat meningkatkan literasi masyarakat untuk kesejahteraannya," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: