BNPT Resmikan KTN dan Warung NKRI di Temanggung

BNPT Resmikan KTN dan Warung NKRI di Temanggung

Peresmian KTN dan warung NKRI di Temanggung. FOTO DOKUMEN BNPT --

TEMANGGUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kian serius mengembangkan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan bagi para eks narapidana Terorisme (mitra deradikalisasi).

Usai meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Jawa Barat, BNPT meresmikan KTN di Sidempul dan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) di Embung Bansari, Desa Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Rabu 27 Juli 2022.  

Kegiatan tersebut menggandeng Pemkab Temanggung, Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah, Kementerian Pertanian dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk., serta Koperasi Rejo Mulyo.  

KTN seluas 10 hektare di kaki Gunung Sindoro ini akan dimanfaatkan untuk program reintegrasi sosial bagi mitra Deradikalisasi BNPT. 

BACA JUGA: Presidential Lecture BNPT 2022, Tanggulangi Terorisme lewat Sinergisitas Elemen Bangsa

Bersama masyarakat mitra Deradikalisasi BNPT membudidayakan tanaman kopi. 

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekitar pada umumnya dan memberikan kemandirian ekonomi bagi mitra deradikalisasi pada khususnya.

"Mitra deradikalisasi akan menjadi petani kopi yang hebat tangguh sebagaimana yang kita lihat di lingkungan desa Bansari,” kata Kepala BNPT Komjen Dr. Boy Rafli Amar, M.H.

”Kopi itu komoditas yang terkenal. Kami yakin di bawah bimbingan Kementan akan menghasilkan keterampilan sebagai petani kopi," imbuh Komjen Boy Rafli Amar.

BACA JUGA: Antisipasi Ancaman Terorisme, BNPT-FKPT Lampung Gelar Coaching Enumerator

Jenderal bintang tiga ini mengungkapkan, sebagai pusat reintegrasi sosial, nantinya mitra deradikalisasi akan dititipkan kepada koperasi untuk bersama sama masyarakat meningkatkan produksi serta mempromosikan kopi Temanggung.

"Kami titipkan kepada koperasi seluruh teman-teman mitra deradikalisasi, pasti ini akan terus berkembang menjadi unit usaha yang menguntungkan, apalagi ini kopi temanggung yang memang sudah hebat dan top di Indonesia," tegasnya.

Sebagai bentuk dukungan pada program KTN Temanggung, Kementan memberikan bantuan 1.000 bibit kopi, dua unit sprayer, dua unit cultivator, satu unit traktor dan satu ton pupuk organik. 

Selain bantuan fisik, Kementan juga akan memberikan pelatihan kepada mitra BNPT, sehingga program pencegahan ini dapat dilakukan dari hulu hingga hilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: