Dampak Pendangkalan Rumah Serta Kolam Milik Warga Rejo Binangun Mesuji Kebanjiran

Dampak Pendangkalan Rumah Serta Kolam Milik Warga Rejo Binangun Mesuji Kebanjiran

Pasca hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Mesuji, mengakibatkan salah satu rumah warga milik Supriyanto (35) di Desa Rejo Binangun, Kecamatan Simpang Pematang, terendam banjir setinggi 75 centimeter.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pasca hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Mesuji, mengakibatkan salah satu rumah kebanjiran.

Rumah yang kebanjiran itu merupakan warga milik Supriyanto (35) di Desa Rejo Binangun, Kecamatan Simpang Pematang, terendam banjir setinggi 75 centimeter.

Pria satu orang anak itu mengaku memang rumahnya sudah sering jadi langganan banjir jika hujan turun.

Hal itu karena letak rumahnya yang berada di dekat aliran drainase yang tidak mampu menampung debit air yang melintas ketika hujan turun.

BACA JUGA:Stunting di Lampura Masih di Bawah Rata-rata Nasional

"Memang sudah sering begini, setiap hujan turun, rumah saya pasti kebanjiran. Ini karena Siring nya kecil tidak mampu menampung debit air yang besar, walaupun tidak lama tapi air sampai ke dalam rumah bertahan lebih 1 jam,"ungkapnya.

Ditempat yang sama, Anggota DPRD Kabupaten Mesuji, Aisyah berharap pemerintah Kabupaten Mesuji agar segera menangani persoalan ini, agar banjir tidak meluas.

"Saya harap ini bisa jadi perhatian pemerintah Kabupaten Mesuji, untuk segera ditangani agar banjir tidak meluas ke permukiman yang lain,"ujar Politisi asal partai Nasdem itu.

Kepala Pelaksana BPBD Mesuji, Sunardi Nyerupa memaparkan, hasil mitigasi tim nya di lapangan, terdapat penyumbatan beberapa saluran air yang mengakibatkan banjir.

BACA JUGA:Tubaba Akan Tambah Enam Tiyuh Baru

Dimana kondisi Siring dan jembatan tidak mampu menampung debit air yang melintas. Alhasil, banjir pun pasti terjadi saat hujan turun.

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan umum (PU) untuk menurunkan alat berat membersihkan saluran air yang tersumbat. Selain itu kami juga mendata korban untuk memberikan bantuan berupa logistik dan peralatan rumah tangga,"paparnya.

Selain merendam rumah warga banjir juga membuat kolam seluas 1 hektar milik warga bernama Boiman yang berisi Ikan Gurame dan Nila siap panen ludes terkena luapan air yang mengakibatkan gagal panen dan dia mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

BACA JUGA:Sule Buat Cover Lagu Tiara, Bikin Netizen Merinding

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: