Latihan Garuda Shield 2022, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa: Menjadi Ajang Penguatan Diplomasi

Latihan Garuda Shield 2022, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa: Menjadi Ajang Penguatan Diplomasi

BATU RAJA, RADARLAMPUNG.CO.ID – Ajang latihan gabungan super Garuda Shield 2022 menjadi ajang penguatan diplomasi, hal itu dikatakan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Jenderal Andika Perkasa mengatakan dalam latihan militer ini diikuti oleh 13 negara sahabat.

“Karena ini akan membuat lebih dekat satu sama lain di wilayah Asia Pasifik dan tentu akan saling menjaga,” kata Jenderal Andika Perkasa. 

Dia mencontohkan saat musibah tenggelamnya KRI Nanggala 402, banyak negara-negara sahabat yang mengirimkan bantuan untuk mencari keberadaan kapal selam itu. 

"Itu langsung teman-teman semua, negara sahabat ini datang. Bencana apa lagi. Jadi, Indonesia bergaul seperti ini itu akan membantu kekuatan," lanjutnya.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan Super Garuda Shield 2022 tidak ada hubungan dengan konflik Laut Cina Selatan (LCS). Jenderal bintang empat ini menegaskan bahwa latihan gabungan Garuda Shield sudah dilakukan sebanyak 16 kali.

“Kami selalu melakukan latihan ini apa pun situasi yang terjadi. Jadi, kalau ada yang membaca seperti itu, ya silakan, tetapi kami melakukannya sama sekali tidak (karena persoalan LCS, red),” kata Jenderal Andika Perkasa kepada wartawan seusai pembukaan Super Garuda Shield 2022 di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Rabu (3/8). 

Jenderal bintang empat itu menyebutkan latgab ini bentuk ketertarikan negara-negara, termasuk yang berada di sekitar Indonesia, untuk melakukan latihan bersama. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: