PT WIKA Dukung Program MBKM ITERA Pembentukan dan Pengembangan Prodi TSE dan EBT

PT WIKA Dukung Program MBKM ITERA Pembentukan dan Pengembangan Prodi TSE dan EBT

Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung : Perwakilan PT.Wika berfoto Bersama dengan berbagai Pimpinan Kampus (Rektor) Se Indonesia yang hadir dalam FGD Pembentukan Prodi Dengan Fokus Energi Baru Terbarukan (EBT) yang berlangsung di Aula Gedung Kuliah Umum (GKU)--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - PT Wijaya Karya Tbk atau biasa disingkat menjadi PT.Wika merupakan Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selalu mendukung program pemerintah terutama dalam bidang Pendidikan terutama dalam Penelitian (Reseach) salah satunya mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dalam Pembentukan & Pengembangan Prodi TES  dengan berfokus Energi Baru Terbarukan (EBT).

Aries Sugiarto Rachman, Selaku Kepala Devisi Engineering PT. Wika membenarkan hal tersebut. Ia juga menyampaikan bahwa PT.Wika khususnya Divisi Engineering memiliki visi yakni menjadi Pusat Inovasi dan Ekselensi pada bidang Engineering dalam proses bisnis investasi dan EPCC terintegrasi berkelanjutan untuk kehidupan yang lebih baik.

Ada berbagai misi yang telah dilakukan oleh Divisi Engineering PT.Wika,lanjut Aries yakni 

Pertama, Pelayanan Terbaik seperti memberikan pelayanan engineering yang ekselen, handal dan akurat berdasarkan prinsip kualitas, keselamatan, kesehatan dan lingkungan kepada pelanggan internal dan eksternal WIKA group.

Kedua,  Budaya Inovasi yakni menumbuh kembangkan budaya inovasi dengan menerapkan prinsip Value Engineering untuk

memberikan produk unggul yang memiliki nilai tambah dan efisiensi bagi perusahaaan.

Ketiga, Global Kompetensi yakni mengakselerasi kapasitas dan kapabilitas SDM engineering WIKA untuk memenuhi kompetensi global. Keempat, Project & Claim yakni menginisiasi Project and Claim creation di lingkungan WIKA group.

Kelima, Riset dan Teknologi seperti pengembangkan riset dan teknologi guna tercapainya nilai tambah pada proses

bisnis dan terciptanya bisnis baru. 

"Melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan Akadimisi Itera dalam hal ini Prodi Teknik Sistem Energi (TSE) Itera yang berfokus Energi Baru Terbarukan (EBT) sejalan dengan misi kami dalam bidang Riset dan  Teknologi,"tambah Aries pada  sela sela FGD Prodi TSE berfokus Energi Baru Terbarukan (EBT) yang  berlangsung di Aula Gedung Kuliah Umum (GKU)  ITERA pada Sabtu, 6 Agustus 2022.

Selain itu, Aries menyampaikan bahwa PT.Wika telah menjalin juga beberapa kerjasama bidang Riset dan Teknologi dengan berbagai kampus di Indonesia antara lain Itera, Universitas  Negeri Manado,,Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Cendrawasih (Uncen), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan lainnya dan lainnya. 

Apalagi FGD  berlangsung di Itera juga dihadiri beberapa Rektor dari kampus berada di Pulau Sumatera, Sulawesi dan Lainnya, , lanjut Aries, kami menyambut baik terutama untuk jalinan kerjasama dengan PT.Wika dalam mendukung program MBKM maupun program Pembelajaran, Penelitian maupun pengembangan masyarakat termasuk tentang Pengembangan Kebutuhan Dunia Industri saat ini. "Kolaborasi antara Akadimisi dengan Dunia Industri ini sangat Sinergis," ucapnya. 

Secara online,  Direktur Kelembagaan, Dirjen Dikti, Kemendikbudristek ( mewakili Dirjen Dikti), Dr. Lukman, S.T., M.Hum mengapresiasi FGD dalam Pembentukan Program  Studi  Dengan Fokus Energi Baru Terbarukan.

Sementara, Rektor ITERA, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha menyampaikan ITERA  saat ini telah memiliki Energi program studi yang berkaitan dengan Energi Baru Terbarukan, yaitu program studi Teknik Sistem Energi (TSE) yang telah mendapatkan pengakuan dari kementerian dan sudah meluluskan mahasiswa pada tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: