Ini Proses Kelahiran Anak Gajah Sumatera di Taman Lembah Hijau

Ini Proses Kelahiran Anak Gajah Sumatera di Taman Lembah Hijau

Kelahiran gajah Sumatera di Lembaga Konservasi Taman Satwa Lembah Hijau menjadi kado istimewa menyambut World Elephant Day. --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Proses kelahiran gajah Sumatera di Taman Wisata Lembah Hijau, Bandar Lampung, Minggu, 7 Agustus 2022 hanya membutuhkan waktu setengah jam. 

Tim medis persalinan gajah Mega, Rasyid Ibransyah mengatakan, induk gajah tersebut mengalami kontraksi sejak Sabtu 6 Agustus 2022.

”Gejala awal sudah mulai kita lihat tanggal 6 Agustus. Kemudian pukul 08.00 WIB sudah keluar gumpalan darah. Ini jadi tanda dia mau melahirkan. Jarak keluarnya masih jauh, jam 11.00-03.00 WIB. Terus setelah malam, jaraknya semakin dekat," kata Rasyid Ibransyah, Senin 8 Agustus 2022. 

Melihat kondisi ini, tim medis dan tiga mahout tidak pergi dari kandang. Ini untuk mengantisipasi sewaktu-waktu gajah Mega akan melahirkan.

BACA JUGA: Berita Gembira, Sepupu Nunik Lahir dengan Sehat dan Selamat di Lembah Hijau

"Lalu dia banyak gerak, yang angkat kaki dan lainnya untuk membuka jalan anaknya keluar istilahnya," papar Rasyid.

Sampai sekitar pukul 07.15-07.45 WIB, Minggu 7 Agustus 2022. Gajah Mega melahirkan bayi pertamanya  yang berkelamin jantan secara normal.

"Kemudian pukul 07.24 WiB, ketuban pecah. Pukul 07.45 WIB bayi (gajah) lahir, dan prosesnya cukup cepat. Cuma kurang lebih setengah jam. Lancar dan keadaan sehat,"  ungkap Rasyid.

Sikap gajah Mega juga terlihat stabil dan tidak melakukan tingkah aneh pasca melahirkan. 

BACA JUGA: Kado Istimewa World Elephant Day, Gajah Lahir di Lembah Hijau

"Gak ada (yang aneh). Waktu lahir, dia langsung memprotek anaknya. Selalu lindungi terus," ujarnya.

Tim pengawinan gajah Aris dan gajah Mega, Nazar menceritakan, proses perkawinan kedua hewan berbelalai dilakukan saat awal pandemi Covid-19.

Tepatnya saat Lembah hijau sedang ditutup, demi keamanan di bulan Juli 2020.

"Untuk proses kehamilan 18-22 bulan. Kita mengikuti program peningkatan populasi gajah dengan mengawinkan gajah Aris dan Mega. Dikawinkan Juli  2020 dan September kita dapatkan dia dalam keadaan hamil,” urai Nazar. 

Sumber: