Belanja Daerah Diperkirakan Rp1,3 Triliun, Berikut Ini Struktur Lengkap APBD Tulang Bawang Tahun 2023

Belanja Daerah Diperkirakan Rp1,3 Triliun, Berikut Ini Struktur Lengkap APBD Tulang Bawang Tahun 2023

Suasana Rapat Paripurna Pengesahan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun 2023. Foto M. Zainal Arifin/Radarlampung.co.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID - DPRD Tulang Bawang menggelar rapat paripurna dalam rangka pengesahan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun 2023, Rabu 10 Agustus 2022.

Dari rapat paripurna diketahui bahwa rencana alokasi anggaran belanja daerah pada Tahun 2023 diperkirakan sebesar Rp1.380.534.142.750. Terdiri dari belanja operasi, belanja modal, dan belanja tak terduga serta biaya transfer.

Dalam laporannya, juru bicara badan anggaran (Banang) DPRD Tulang Bawang Marjoko menjelaskan, RKUA dan PPAS telah dibahas oleh Banang DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Tulang Bawang sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Menurutnya, RKUA dan PPAS disusun untuk memberi gambaran mengenai perkembangan ekonomi daerah yang meliputi pertumbuhan ekonomi, PDRB dan infrastruktur. 

BACA JUGA:'Ngamuk' ke Pengacara Bharada E, Ini Profil Komjen Agus Andrianto yang Sempat Menjabat di Polres Lamsel

Di samping itu, juga untuk mengetahui berapa asumsi dasar pembangunan jangka makro dalam memperhatikan di tingkat nasional dan provinsi, terutama pada Tahun 2021 serta perkiraan capaian akhir Tahun 2022.

Dilanjutkannya, pertumbuhan ekonomi pada Tahun 2023 diproyeksikan mencapai 3 persen.

Pencapaian tersebut dilakukan dengan kebijakan ekonomi daerah yang diarahkan pada pemulihan perekonomian, serta penanganan masalah kesehatan yakni Covid-19 dan stunting.

Politisi PDI Perjuangan tersebut mengungkapkan, tema pembangunan Kabupaten Tulang Bawang pada Tahun 2023 adalah pemulihan ekonomi dan daya saing daerah menuju Kabupaten Tulang Bawang mandiri dan sejahtera. 

BACA JUGA:Siap-siap, Ada Operasi Penertiban Air Minum di Pesawaran

Tema ini diharapkan mampu memanfaatkan usaha-usaha masyarakat sesuai dengan potensi daerah masing-masing untuk perekonomian dan kesejahteraan rakyat tanpa meninggalkan budaya lokal dan ada ciri khas Tulang Bawang yang harus digali kembali. 

Marjoko melaporkan, kebijakan belanja berdasarkan keputusan pemerintah daerah diprioritaskan untuk meningkatkan sumber daya manusia, meningkatkan investasi, pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, mitigasi bencana, dan lainnya.

Pada tahun anggaran 2023 Banang DPRD Tulang Bawang ingin memberi perhatian kepada bidang infrastruktur untuk selalu menjadi prioritas.

Hal itu dirasa penting sebab menjadi salah satu perhatian DPRD terhadap aspirasi masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: