Pohon Tumbang Tutup Jalur Liwa-Krui, Ini Kondisi Terkini

Pohon Tumbang Tutup Jalur Liwa-Krui, Ini Kondisi Terkini

Pohon tumbang menutup jalan di jalur Liwa-Krui, Sabtu 13 Agusus 2022. --

PESISIR BARAT, RADARLAMPUNG.CO.IDPohon tumbang di jalur penghubung Liwa-Krui, tepatnya di Pal Tujuh, Pekon Labuhan Mandi, Kecamatan Waykrui, Pesisir Barat, Sabtu 13 Agustus 2022. Peristiwa itu sempat membuat lalu lintas macet. 

Anggota tim Satlak BPBD Pesisir Barat Riswanto mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat hujan deras, sekitar pukul 18.0 WIB. 

Mendapat informasi pohon tumbang, pihaknya langsung terjun ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi.

"Mengetahui adanya pohon tumbang yang terjadi di Pal 7, kami langsung turun untuk melakukan evakuasi. Sebab pohon tumbang itu menutup badan jalan," kata Riswanto.

BACA JUGA: Rumah di Sidodadi Kebakaran, Bangunan dan Motor Hangus

Dijelaskan, pembersihan dilakukan dengan menggnakan  chainsaw dan golok. 

"Evakuasi langsung kami lakukan. Karena badan jalan tertutup dan mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas dari dua arah," jelas Riswanto.

Dilanjutkan, pohon tumbang sudah selesai dibersihkan dan arus lalu lintas kembali normal. Namun, pengendara diharapkan tetap berhati-hati. 

"Pembersihan pohon tumbang sudah selesai kami lakukan. Kendaraan sudah bisa melintas. Namun harus tetap hati-hati. Karena bencana alam bisa terjadi kapan saja," tegasnya.

BACA JUGA: Kasus Pembunuhan Brigadir J, Total 36 Polisi Diperiksa Karena Langgar Kode Etik

Sebelumnya, hujan disertai angin kencang di Pesisir Barat menyebabkan pohon tumbang pada tiga titik ruas jalan lintas Barat (Jalinbar) penghubung dengan Kabupaten Tanggamus.

Peristiwa itu terjadi tepatnya di tanjakan mayit dan patok 50, kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Pekon Pemerihan, Kecamatan Bengkunat, Minggu 20 Maret. 

Tiga titik pohon tumbang di ruas Jalinbar, dua terjadi di tanjakan mayit dan satu di patok 50 kawasan TNBBS. 

Proses pembersihan pohon tumbang sempat menyebabkan arus lalu lintas tersendat. Pembersihan pohon tumbang memang cukup lama, karena ukuran batang pohon yang menutupi badan jalan itu cukup besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: