Kibarkan Merah Putih di Antara Blokade Gajah

Kibarkan Merah Putih di Antara Blokade Gajah

Satgas penanganan konflik gajah Suoh dan BNS mengibarkan bendera di tengah aktifitas mereka melakukan blokade, Rabu 17 Agustus 2022. FOTO DOKUMEN SATGAS PENANGANAN GAJAH --

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Satgas penanganan konflik gajah Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh, Lampung Barat, mengikuti detik-detik proklamasi kemerdekaan dan pengibaran bendera merah putih di hutan Taman Nasional Bukit Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Rabu 17 Agustus 2022. 

Satgas yang berjumlah 12 orang masih melakukan blokade 18 ekor gajah, di tengah peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan.

Menurut Sugeng Hari Kinaryo Adi, pihaknya memutuskan untuk tetap melakukan blokade gajah.

Ini dengan pertimbangan peristiwa tahun lalu. Di mana, pada saat hari kemerdekaan, kawanan gajah justru merangsek masuk ke perkampungan. 

BACA JUGA: Potret Way Haru, Rayakan HUT Kemerdekaan di Wilayah yang Belum ‘Merdeka’

"Kami ada 12 orang melakukan blokade gajah yang keberadaanya ada di sekitar Peninjauan, Pekon Bumi Hantatai,” kata Sugeng Hari Kinaryo Adi.

”Jangan sampai seperti tahun lalu. Selesai upacara, masyarakat dihebohkan karena gajah mendekati permukiman,"  imbuh Sugeng.

Terlebih, terus Sugeng, kawanan gajah ini sempat berada sekitar 500 meter dari permukiman warga Talang Upik, perbatasan antara Pekon Sukamarga dan Bumi Hantatai. 

"Kemarin sempat berjarak 500 meter dari permukiman dan kembali bergeser, sehingga kami melakukan blokade dan saat ini sudah kami giring masuk ke hutan,” sebut dia. 

BACA JUGA: Katanya tak Sengaja, Kakek di Lampung Barat Tembak Tetangga Hingga Tewas

Karena cuaca mulai gerimis dan sudah sore, satgas memutuskan untuk kembali. Diharapkan kawanan gajah tersebut bisa terus menjauh masuk ke hutan rimba.

Kegiatan blokade kawanan gajah tersebut, kata Sugeng, tidak mengurangi khidmat pihaknya dalam mengikuti detik-detik proklamasi.

Bahkan pihaknya juga mengibarkan bendera merah putih, di tengah aktifitas blokade dan penggiringan kawanan gajah.

"Untungnya ada sinyal handphone. Jadi kami bisa menyaksikan detik-detik proklamasi di live YouTube dan mengibarkan bendera merah putih," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: