HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Tim Gabungan Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Pahawang

HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Tim Gabungan Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Pahawang

Upacara bendera bawah laut yang diikuti personel Brigif 4 Marinir/BS, TNI-Polri dan anggota club selam Lampung. FOTO HUMAS BRIGIF 4 MARINIR/BS--

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan pasukan selam handal untuk mengibarkan bendera merah putih pada 77 lokasi bawah laut, tepat saat HUT Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia. 

Pusat pengibaran merah putih di bawah laut ini  dilaksanakan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Berdasar data Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal), sebanyak 886 penyelam dari prajurit TNI AL, TNI, Polri, pemerintah daerah, organisasi masyarakat, klub selam, dan masyarakat berpartisipasi dalam pengibaran bendera bawah air. 

BACA JUGA: Kibarkan Merah Putih di Antara Blokade Gajah

Kegiatan ini sekaligus untuk memecahkan rekor MURI

Sementara, untuk wilayah Lampung, upacara pengibaran bendera bawah laut dilaksanakan di Pulau Pahawang. Dipimpin Brigade Infanteri 4 Marinir/BS.

Dalam pelaksanaan pengibaran bawah laut kali ini, Brigif 4 Mar/BS melibatkan 50 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan anggota klub selam Lampung. 

BACA JUGA: Potret Way Haru, Rayakan HUT Kemerdekaan di Wilayah yang Belum ‘Merdeka’

"Jadi yang bertugas dan peserta upacara ada dari Polair Polda Lampung, Kodim 0410/KBL, Brimob, klub selam Corona, Lampung Scuba, Lampung Dive Club, dan masyarakat Pulau Pahawang yang juga upacara di atas permukaan menggunakan kapal dan perahu karet," kata Komandan Brigif 4 Marinir/BS Kolonel Mar. Harry Indarto, Rabu 17 Agustus 2022.

Dikatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk bersinergi bersama seluruh emelem masyarakat demi kejayaan maritim Indonesia.

Sesuai dengan tema kemerdekaan RI ke-77, yakni Indonesia Pulih Dengan Cepat dan Bangkit Secara Kuat. 

BACA JUGA: Tak Bayar Denda Subsider, 38 Orang Warga Binaan Belum Bisa Bebas di Perayaan HUT RI ke 77

"Prajurit Jalasena Samudera TNI Angkatan Laut adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan. Dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia," tegas Kolonel Mar. Harry Indarto.

Dijelaskan, momen pengibaran bendera di bawah laut bertujuan untuk menunjukkan betapa luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: