Disdikbud Bandar Lampung Dorong Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka

Disdikbud Bandar Lampung Dorong Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka

FOTO NET --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandar Lampung terus mendorong penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Khususnya untuk para guru dan tenaga pendidik di sekolah masing-masing.

Kepala Disdikbud Bandar Lampung Eka Afriana meminta agar sekolah lebih gencar dalam memberikan pemahaman lebih tentang Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) kepada guru dan tenaga pengajar. 

Hal ini menindaklanjuti petunjuk Kemendikbud Ristek. Pada Kurikulum Merdeka, para guru diharapkan dapat segera dilaksanakan mengganti kurikulum darurat yang diterapkan pada masa pandemi Covid-19.

"Jadi dengan IKM, proses pembelajaran akan lebih meningkat. Kita memang harus melakukan workshop dan diharapkan ke depan diterapkan Kurikulum Merdeka," Kata Afriana.

BACA JUGA: Asik Jepit Kartu, Polisi Datang, Lima Warga Pesisir Barat Diciduk  

Menurut Eka Afriana, IKM sangat baik untuk meningkatkan keaktifan. Mulai dari murid hingga tenaga pengajar.

Di mana, hal ini juga mencegah kebosanan para siswa saat menerima pembelajaran.

"Pada Kurikulum Merdeka ini, guru harus aktif. Bisa memberikan pembelajaran secara kreatif dan mengajak anak untuk aktif. Tentu agar tidak bosan dan mudah menyerapnya," tegas Eka Afriana.

Dilanjutkan, pendampingan juga sangat diperlukan, khususnya bagi para guru dan tenaga pendidik yang tidak memiliki batasan dalam mengeksplor potensi murid.

BACA JUGA: KPK Tangkap Salah Satu Petinggi Unila di Bandung, Ini Penjelasannya

"Sebab proses pembelajaran dapat disesuaikan dengan minat bakat siswa," ujarnya.

Oleh karena itu, terus Eka Afriana, pemahaman tentang IKM perlu dilakukan dengan gencar. Baik oleh dinas dan pihak sekolah, agar prosesnya bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan.

Sebelumnya, empat SMA asal Lampung lolos seleksi program sekolah penggerak angkatan ke-3 yang diselenggarakan Kemendikbudristek. 

Dua berasal dari Bandar Lampung. Yaitu SMAN 2 Bandar Lampung dan SMAN 14 Bandar Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: