Semester Satu 2022, Tercatat Ada Sekitar 1,3 Juta Wisatawan Kunjungi Bandar Lampung

Semester Satu 2022, Tercatat Ada Sekitar 1,3 Juta Wisatawan Kunjungi Bandar Lampung

Ilustrasi wisata. -Tijani Dalilisia Kaisah-Radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pandemi Covid-19 yang mulai menurun berdampak besar terhadap kunjungan wisatawan di Kota Bandar Lampung.

Dinas Pariwisata (Dispar) Bandar Lampung mencatat ada sekitar 1.374.742 kunjungan wisatawan ke Kota Bandar Lampung di semester satu tahun 2022.

Dari 1.374.742 tersebut, ada sekitar 2.927 wisatawan mancanegara (Wisman) yang datang di Kota Bandar Lampung. Sisanya wisatawan nusantara (Wisnus).

Selama enam bulan atau dari Januari hingga Juni 2022, tertinggi kunjungan wisatawan pada Mei, yaitu 35.501 wisatawan dan Januari, yaitu 34.184 wisatawan.

BACA JUGA:Progres Pembangunan Mall Pelayanan Publik Kota Bandar Lampung Capai 68 Persen

Kepala Dinas Pariwisata Bandar Lampung M. Yudhi melalu Sekretaris Dinas, Dirmansyah mengatakan, kunjungan wisatawan di semester satu ini menunjukkan tren yang baik.

Jika melihat data kunjungan wisata dua tahun terakhir atau selama masa pandemi Covid-19, kunjungan di semester satu 2022 terjadi peningkatan.

Dari data Dispar Bandar Lampung, selama tahun 2020 ada 821.259 wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandar Lampung. Lalu, selama tahun 2021, ada 854.084 wisatawan berkunjung ke Bandar Lampung.

Tentu, kata Dirmansyah, meningkatnya kunjungan wisatawan ke Bandar Lampung sejalan dengan peraturan pemerintah yang telah mulai longgar terkait Covid-19 yang sudah melandai.

BACA JUGA:Disdukcapil Kota Bandar Lampung Mulai Uji Coba dan Sosialisasikan Identitas Kependudukan Digital

Sehingga, acara atau event yang dilakukan, akan berdampak kepada kunjungan wisatawan. Seperti, kunjungan wisata yang tinggi pada Mei, di mana pada bulan tersebut berlangsung acara HUT APEKSI di Bandar Lampung.

Tamu yang hadir yakni wali kota se-Indonesia, yang secara otomatis berdampak dengan jumlah pengunjung wisata.

Begitu juga di Januari, bertepatan dengan tahun baru. Masyarakat dari luar kota akan banyak berkunjung atau mampir ke Bandar Lampung.

"Kalau Wisman seperti kemarin ada lomba surfing Internasional di Krui. Meski acaranya di Krui, banyak wisatawan yang mampir di Bandar Lampung," ujar Dirmansyah, Selasa 23 Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: