Itera-BKKBN Dorong Peran Mahasiswa Dalam Penurunan Stunting

Itera-BKKBN Dorong Peran Mahasiswa Dalam Penurunan Stunting

--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR) Sejahtera Institut Teknologi Sumatera (Itera) bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) serta GenRe Lampung menggelar webinar bertajuk peran mahasiswa dalam menurunkan stunting.

Kegiatan yang dibuka Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha tersebut menghadirkan narasumber dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan dr Arief Budiman, Sp.OG dan Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga Hermina.

Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha dalam sambutannya menyampaikan, dalam memecahkan permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia merupakan kunci keberhasilan membangun bangsa.

"Indonesia yang diprediksi memiliki bonus demografi akan menjadi kekuatan pertumbuhan perekonomian dalam negeri. Namun hal tersebut perlu disikapi dengan hati-hati supaya bonus demografi SDM yang melimpah menjadi salah satu keunggulan yang berkualitas,” kata Prof. Dr. I Nyoman Pugeg. 

BACA JUGA: Tiba di Kantor PDIP Lampung, Puan Maharani Diserukan sebagai Presiden RI

”Permasalahan stunting cukup tinggi dan belum sesuai yang distandarkan oleh World Health Organization (WHO). Momen seminar ini sangat tepat untuk diselenggarakan karena salah satu kontribusi dari Itera untuk Indonesia,” imbuhnya.

Prof. Dr. I Nyoman Pugeg berharap Itera dapat berkontribusi dari segala hal dalam kebaikan membangun bangsa. 

Terlebih generasi muda, yakni para mahasiswa yang akan menjadi pelaku pembangunan di masa mendatang.

Sementara Ketua Kesehatan Mental Itera Sabar M.Si. mengatakan, webinar merdeka stunting merupakan kegiatan kampus dalam rangka kampanye nasional penanggulangan stunting di Indonesia. 

BACA JUGA: Sopir Lintas Lampung-Bengkulu Ditangkap di Pesisir Barat, BB Tiga Paket Sabu

“Harapannya, semoga acara ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa diambil ilmunya agar mahasiswa Itera bisa membangun ataupun menyelesaikan masalah stunting,” kata Sabar.

Pada bagian lain, narasumber dr. Arief Budiman, Sp.OG., menyampaikan materi tentang pola hidup sehat remaja untuk mencegah stunting pada generasi berikutnya.

”Untuk mencegah stunting dimulai dari kita sendiri. Kemudian dilihat dari nutrisi yang dikonsumsi, lingkungan dan pola hidup sehat," sebut dr Arief.

Sementara perwakilan BKKBN Lampung Hermina memberikan materi mengenai peran mahasiswa untuk masyarakat dan teman sebaya dalam mendukung pola hidup sehat remaja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: