Soal Pemetaan Rekrutmen Guru Honor, Ini Jawaban Pemkab Pesawaran

Soal Pemetaan Rekrutmen Guru Honor, Ini Jawaban Pemkab Pesawaran

Perwakilan sejumlah guru honor mendatangi kantor Bupati Pesawaran. FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID--

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.IDPemkab Pesawaran merespons harapan guru honor yang dibiayai dari dana BOS agar didata dan diusulkan ke pemerintah pusat.

Pelaksana harian (Plh.) Sekretaris Kabupaten Pesawaran Syukur mengatakan, rekrutmen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) berdasar surat dari Kemenpan RB.

Untuk tahap awal, melakukan pendataan. Salah satu poin keinginan guru honor agar ikut dalam pendataan tersebut dan diusulkan ke pusat

"Surat Kemenpan RB adalah pendataan. Dan salah satu poin mereka (guru honor) yakni agar mereka didata dan disampaikan ke pusat. Kami pemerintah daerah, baik dari Dinas Pendidikan, BKPSDM, akan mendampingi dan menyampaikan data mereka. Namun finalisasi tetap ada di pusat," kata Syukur, Kamis 25 Agustus 2022.

BACA JUGA: Tak Ada Respons Dari Disdikbud, Guru Honor Ngadu ke Bupati

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesawaran Anca Martha Utama menyatakan, pihaknya sudah menyampaikan surat pemberitahuan pendataan melalui koordinator kecamatan (Korcam) masing-masing.

Terkait pendataan itu, masih banyak tenaga guru honor yang multitafsir mengenai surat Kemenpan RB. Yaitu tentang pendataan terhadap tenaga honor non ASN yang dibiayai oleh APBD atau APBN.

"Mereka yang datang tadi, bagaimana tenaga honor yang dibiayai dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk dapat didata. Untuk itu, kita fasilitasi pendataannya serta akan disampaikan ke pemerintah pusat," kata Anca Martha Utama.

Anca menuturkan, jumlah guru honor yang dibiayai oleh APBD di Pesawaran mencapai 1.985 orang berdasarkan daftar gaji. Namun yang dibiayai oleh BOS sifatnya dinamis, bergantung kebutuhan sekolah.

BACA JUGA: Luar Biasa, Harga Telur Terus Naik

Senada disampaikan Kepala BKPSDM Pesawaran Sunyoto. Pihaknya akan memfasilitasi harapan guru honor yang dibiayai dari dana BOS untuk dapat dilakukan pendataan dan diusulkan ke pusat.

"Terkait kawan-kawan yang dibiayai dengan dana BOS, yang jelas batasan, kita mengusulkan ke pemerintah pusat. Kriteria Kemenpan RB sudah jelas, yang masuk dalam pemetaan tenaga honor,” kata Sunyoto.

”Di luar itu, kita akomodir berupa usulan, dan kewenangan ada di pusat. Sambil berjalan, nanti kita koordinasi dengan pusat. Ada jawaban yang dapat kita sampaikan. Kalau harapan kita, otomatis mereka yang sudah bekerja dapat diterima," sebut dia.

Sebelumnya, belasan perwakilan guru honor yang digaji melalui dana Bantuan operasional Sekolah (BOS) mendatangi kantor Bupati Pesawaran, Kamis 25 Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: