Usulkan Kampung Nelayan Maju di Pesisir Barat

Usulkan Kampung Nelayan Maju di Pesisir Barat

ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID --

PESISIR BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Perikanan Pesisir Barat (Pesbar) mengusulkan pembangunan kampung nelayan maju (Kalaju) sebagai salah satu program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kepala Dinas Perikanan Pesisir Barat Armen Qodar mengungkapkan, di kabupaten itu terdapat beberapa lokasi yang akan diusulkan ke KKP untuk program Kalaju.

Antara lain wilayah perkampungan nelayan di Siging, Pekon Pardasuka, Kecamatan Ngaras dan perkampungan nelayan di pelabuhan Kota Jawa, Kecamatan Bangkunat.

Kemudian wilayah perumahan nelayan di Kuala Stabas, Kecamatan Pesisir Tengah. Termasuk di wilayah Kecamatan Pesisir Utara dan Lemong.

BACA JUGA: Ini Sasaran Operasi Bina Kusuma Krakatau di Pringsewu

“Untuk sementara ini, yang difokuskan di wilayah pantai Siging, Kecamatan Ngaras. Harapannya, ke depan jika terealisasi, bisa jadi percontohan di Pesisir Barat,” kata Armen Qodar.

Dilanjutkan, sebagai tindak lanjut terkait dengan usulan program kampung nelayan maju, Dinas Perikanan dalam waktu dekat akan langsung berkoordinasi ke KKP. 

Diharapkan program kampung nelayan maju dapat terealisasi di tahun anggaran 2023 mendatang. 

Mengingat, program dari KKP itu juga sudah cukup lama berjalan. Program itu dalam upaya memaksimalkan kebutuhan serta kendala nelayan, pembinaan, peralatan tangkap dan sebagainya.

BACA JUGA: Tegas, Demokrat Lampung Tolak Wacana Kenaikan Harga Pertalite dan Solar

“Selain itu, untuk mewujudkan kampung nelayan yang tertata, maju, bersih, sehat dan tidak terkesan kumuh. Kemudian mampu meningkatkan produktifitas usaha nelayan. Sehingga diharapkan ke depan program Kalaju itu bisa berdampak terhadap nelayan itu sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut Armen Qodar mengungkapkan, di Pesisir Barat terdapat program pembangunan kampung nelayan maju. Tentu akan menjadi perhatian khusus pemerintah pusat, dalam hal ini KKP.

Sebab itu merupakan program pusat yang harus benar-benar dikembangkan. Salah satunya bertujuan untuk kesejahteraan nelayan.

“Setelah koordinasi ke KKP, mudah-mudahan sudah ada kesimpulannya. Karena usulan ada Kalaju di Pesbar ini menjadi harapan kita untuk nelayan,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: