Sesuai Arahan Menparekraf, Mau Nggak Mau Pesawaran Harus Berinovasi, Beradaptasi, dan Berkolaborasi!

Sesuai Arahan Menparekraf, Mau Nggak Mau Pesawaran Harus Berinovasi, Beradaptasi, dan Berkolaborasi!

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyambut kedatangan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dengan diawali prosesi pencucian kaki yang dipandu oleh Kades Pahawang Ahmad Salim. FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID --

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Itulah tiga kata kunci untuk menggeliatkan  pariwisata. Sehingga target 1,1 juta lapangan pekerjaan dapat terwujud pada tahun 2022 ini. 

"Selain itu, lakukan 3G. Yakni Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber), dan Garap Semua Potensi Online (Gaspol). Mari semuanya kita bergandengan tangan," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat membuka Festival Pahawang di Desa Pulau Pahawang, Kecamatan Marga Punduh, Pesawaran, Sabtu 27 Agustus 2022

Desa Wisata Pulau Pahawang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022. Dimana,  ada 7 kategori yang akan dinilai. Diantaranya yakni home stay, toilet, CHSE, hingga kelembagaan. 

"Saya apresiasi di Pesawaran sudah ada sekitar 50 desa wisata. Biasanya sudah mendorong dalam satu provinsi. Tapi ini 50 desa wisata di kabupaten. Dan ini prestasi tersendiri," jelasnya.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Al Kautsar Indoor Sport Center

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menambahkan, pengembangan wisata yang di Pesawaran mengacu pada regulasi dan terkait pasar. Mengingat, saat ini di Lampung salah satu tujuan destinasi wisata adalah Pesawaran. 

"Mau nggak mau, seperti apa yang disampaikan menteri. Pesawaran harus mampu berinovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Bukan hanya berbicara destinasi. Tetapi juga meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia dan kreatifitas," tandasnya.

Kepala Destinasi Yudiana mewakili Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran Ketut Partayasa menambahkan, tim Kemenparekraf telah selesai melakukan penilaian ADWI di Desa Wisata Pulau Pahawang pada Minggu 28 Agustus 2022.

Ppenilaian tim juri mulai dari visitasi sejak Sabtu 27 Agustus 2022 hingga hari ini, Minggu 28 Agustus 2022. Dan ada 7 kategori dalam penilaian ADWI. Diantaranya Kelembagaak, UMKM, home stay, atraksi, sampai toilet.

BACA JUGA:Asyik Judi, 4 Warga Dente Teladas Tak Sadar Digerebek Polisi

"September akhir insya Allah sudah ada pengumuman. Mudah-mudahan kita bisa meraih juara," singkatnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: