Kapal Tak Ada Navigasi dan Lampu, Rombongan Sandiaga Uno Tersesat di Perairan Pahawang

Kapal Tak Ada Navigasi dan Lampu, Rombongan Sandiaga Uno Tersesat di Perairan Pahawang

FOTO INSTAGRAM @SANDIUNO - Kapal yang membawa rombongan Menparekraf Sandiaga Uno tersesat di perairan Pahawang, Pesawaran, Lampung, Sabtu malam 27 Agustus 2022.--

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kapal yang membawa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dari Villa Andreas menuju dermaga Desa Pulau Pahawang, Pesawaran, tersesat.

Rombongan yang berada di dalam kapal tersesat sesaat sebelum acara Festival Pahawang dimulai pada Sabtu 27 Agustus 2022 malam. Sandiaga Uno diagendakan membuka acara sekitar pukul 19.30 WIB.

Dari titik transit Villa Andreas menuju Dusun Jelaran, Desa Pulau Pahawang, tempat acara Festival Pahawang, jika ditempuh melalui jalur darat berjarak sekitar 2 kilometer. Dan jika lewat laut dengan speed boat sekitar 10 menit. 

Sandiaga juga mengunggah momen dirinya dan rombongan tersesat di perairan Pahawang melalui akun Instagram @sandiuno. Dalam akun tersebut, Sandiaga menjelaskan bahwa kapalnya tersesat dikerenakan kapal belum memiliki alat navigasi. Ditambah lagi tidak ada lampu.

BACA JUGA:Menjadi Tersangka Tipikor, Mantan Kepala Dinas DLH Metro Bakal Tukar Kerugian Negara dengan Aset Pribadi

"Akhirnya kami menyalakan lampu handphone, dan biar gak pada panik kami bernyanyi bersama lagu @coldplay," tulisnya dalam akun tersebut, Minggu 28 Agustus 2022. 

Tidak hanya rombongan menteri, speed boat yang ditumpangi radarlampung.co.id saat akan pulang dari Festival Pahawang juga tidak memiliki lampu penerangan ataupun lampu indikator. Nakhoda mengakui tidak mengalami kesulitan menyeberang tanpa petunjuk dan pencahayaan kapal. Sebab, rute yang dilalui sudah hafal.

"Nggak mas (tersesat), sudah terbiasa. Bahkan sering nganter penumpang jam 2 malam ke Villa Andreas ataupun ke Pahawang," ungkap nakhoda.

Sementara, Kepala Bidang Angkutan Andi  Akbar mewakili Kepala Dinas Perhubungan Pesawaran Ahmad Syafei mengatakan bahwa saat perjalanan pulang, tepatnyd di Dermaga Ketapang, Sandiaga sempat menegur nakhoda. "Dan juga agar melengkapi navigasinya," ucapnya, Minggu 28 Agustus 2022.

BACA JUGA:IIB Darmajaya Gelar Semnas Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2022

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Pesawaran Ahmad Syafei mengaku akan segera berkoordinasi dengan KSKP Panjang terkait kelengkapan navigasi di wilayah perairan Pahawang dan sekitarnya. 

"Benar itu. Yang pertama, sebagai evaluasi kita akan pentingnya navigasi, kita akan berkoordinasi dengan KSKP Panjang, bagaimana navigasi di area wisata bisa dilengkapi," jelasnya

Ditanya soal kondisi lampu kapal speed boat yang ditumpangi Sandiaga Uno, dia mengaku bahwa lampu kapal tersebut putus. "Kalau lampu ada, hanya putus. Tentu kita akan lakukan evaluasi menyeluruh terkait standar kapal penyeberangan, standar keselamatan, termasuk kelengkapan pas kecil bagi nakhoda," paparnya

Terkait SOP keselamatan, KSKP bersama pihaknya secara rutin berikan bimtek kepada nakhoda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: