Ciptakan Ekosistem Halal, UIN-BPJPH Jalin Kerjasama

Ciptakan Ekosistem Halal, UIN-BPJPH Jalin Kerjasama

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara UIN Raden Intan Lampung dengan BPJPH. FOTO HUMAS UIN RADEN INTAN LAMPUNG --

JAKARTA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) terus berkomitmen untuk mendukung program akselerasi sertifikasi halal yang diinisiasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk halal (BPJPH) Kementerian Agama.

Setelah mendirikan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), UIN Raden Intan Lampung meningkatkan komitmennya dengan menandatangani perjanjian kerjasama dengan BPJPH.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan langsung oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Wan Jamaludin Z, PhD dan Kepala BPJPH Dr. Muhammad Aqil Irham MSi di Kantor BPJPH Jakarta, Jumata 2 September 2022. 

BACA JUGA: Sambut Mahasiswa Baru, Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung Gelar PSAP

Dalam perjanjian kerjasama, kedua belah pihak sepakat untuk mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan sumber daya manusia di bidang jaminan produk halal.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Wan Jamaluddin Z. PhD, mengatakan, perjanjian kerjasama ini ditujukan untuk meningkatkan dan mewujudkan kompetensi sumber daya manusia yang unggul dalam bidang jaminan produk halal. 

“Ini adalah bentuk komitmen kami (UIN) untuk mengembangkan ekosistem halal di Indonesia,” kata Prof. Wan Jamaluddin. 

BACA JUGA: Wujudkan Visi, UIN Raden Intan Lampung Mulai langkah Internasionalisasi

Rektor menjelaskan ruang lingkup kerjasama. Di antaranya adalah penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan sumber daya, penyelenggaraan kegiatan kajian ilmiah, seminar dan lokakarya, penyelenggaran pelatihan halal, literasi halal serta sertifikasi halal. 

Rektor juga menambahkan, UIN Raden Intan Lampung memiliki komponen yang cukup untuk berkontribusi dalam menciptakan ekosistem halal. 

"Insya Allah kami (UIN) memiliki potensi yang cukup untuk bisa dimanfaatkan dalam mewujudkan ekosistem halal ini,” tegasnya. 

BACA JUGA: BPJPH Asesmen Akreditasi LPH UIN Raden Intan Lampung

Selain itu Rektor juga berharap kepada jajarannya agar kerjasama ini bisa segera diaktualisasikan dalam bentuk program-program kerja yang nyata. 

“Saya berharap kepada semua jajaran agar kerjasama ini bisa segera direalisasikan dalam bentuk kerja nyata,” pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: