Jadi Menpan RB Pilihan Presiden Jokowi, Ini Profil Abdullah Azwar

Jadi Menpan RB Pilihan Presiden Jokowi, Ini Profil Abdullah Azwar

FOTO TWITTER @AZWARANAS_A3 - Abdullah Azwar Anas, MenPAN-RB Pilihan Presiden Jokowi. --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.IDAbdullah Azwar Annas akhirnya terpilih menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Setelah menjadi Menpan Pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Abdullah Azwar Annas akan menggantikan posisi Tjahjo Kumolo. Tjahjo Kumolo harus digantikan karena meninggal akibat sakit beberapa waktu lalu.

Azwar Annas dikabarkan akan dilantik menjadi MenPAN-RB pada Rabu siang, 7 September 2022. Azwar Annas merupakan salah satu politisi yang bernaung di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sebelum merapat ke PDIP, beliau dikenal sebagai politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak 2004 hingga 2005. Kemudian dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur pada 2019 lalu, namanya bahkan sempat disandingkan dengan Gus Ipul.

BACA JUGA:Dampak Dari Meningkatnya Inflasi, Negara Ini Bagikan BLT Hingga Rp4,4 Juta per Orang

Jabatan terakhir Azwar Annas, diketahui pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, terhitung sejak 13 Januari 2022 lalu.

Setelah sebelumnya, nama Azwar Annas melambung ketika menjabat sebagai Bupati Banyuwangi.

Beliau menjabat sebagai Bupati Banyuwangi hingga 2 periode, sejak 21 Oktober 2010 hingga akhir jabatannya pada 17 Februari 2021.

Saat duduk di kursi jabatan sebagai Bupati Banyuwangi, Azwar Annas bahkan mendapatkan banyak dukungan dari Nadhatul Ulama (NU).

BACA JUGA:Jadi Menpan RB Pilihan Presiden Jokowi, Ini Profil Abdullah Azwar

Dalam karir politiknya, Azwar Annas juga pernah menjadi anggota MPR termuda pada 1997 lalu, dimana beliau masih berusia 24 tahun.

Azwar tercatat pernah melanjutkan pendidikan dan berkuliah di IKIP Jakarta, Fakultas Teknologi Pendidikan, dan dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Setelah menyelesaikan pendidikan Strata 1 (S1), kemudian beliau mengambil pendidikan S2 di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: