Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya Gelar Workshop Pembuatan Media Ajar

Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya Gelar Workshop Pembuatan Media Ajar

--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar workshop pembuatan media ajar dan video interaktif dengan mengintegrasikan project based learning dan case method. 

Kegiatan yang berlangsung di aula pascasarjana, Senin 5 September 2022 ini menghadirkan pembicara Dr. Sunu Wibirama dari Universitas Gadjah Mada secara daring. 

Pengajar dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik UGM Yogyakarta tersebut menerangkan tahapan pembuatan media ajar dan video interaktif dalam perkuliahan.

Menurut Sunu Wibirama, dengan diawali menyiapkan materi perkuliahan sesuai capaian pembelajaran mata kuliah.

BACA JUGA: Selamat! IIB Darmajaya Raih Tiga Penghargaan dari LLDikti Wilayah II

“Yang perlu diperhatikan, selain teknikal juga pemahaman fundamental. Jadi apa materi yang disampaikan itu bisa lebih diulang lagi,” kata Sunu Wibirama.

Menurut Sunu Wibirama, pembuatan video pembelajaran dapat dilakukan dengan menyiapkan peralatan yang ada. 

“Dapat menggunakan kamera handphone dengan layar di belakang menggunakan kertas ataupun green screen. Dulu, saya belum menggunakan green screen. Karena tidak begitu tahu. Tetapi banyak dijual di marketplace,” papar Sunu Wibirama.

Untuk video yang sudah diambil, terus Sunu Wibirama, dapat menggunakan berbagai macam aplikasi seperti Camtasia ataupun Canva. 

BACA JUGA: IIB Darmajaya Gelar Semnas Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2022

“Saya pernah mengedit video hanya dalam waktu 30 menit menggunakan canva yang pro,” ujarnya.

Dilanjutkan, untuk menampilkan salindia materi dalam pembelajaran mata kuliah dapat disisipkan dengan video.

“Konten media pembelajaran dalam bentuk video juga dibuat pengantar agar lebih menarik. Modul yang ditampilkan tidak terlalu focus, karena ujung-ujungnya mahasiswa akan melihat videonya karena kecenderungan lebih suka audio visual,” sebut dia.

Sementara Ketua Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya Dr. Chairani, S.Kom., M.Eng., mengungkapkan, workshop bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa dalam kelas agar lebih menarik dan mudah dipahami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: