Harga Bahan Pokok di Pesisir Barat Mulai Naik, Dua Barang Ini Paling Tinggi

Harga Bahan Pokok di Pesisir Barat Mulai Naik, Dua Barang Ini Paling Tinggi

Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pesisir Barat naik, pasca kenaikan harga BBM. --

PESISIR BARAT, RADARLAMPUNG.CO.IDHarga sejumlah kebutuhan pokok di Pesisir Barat mulai naik. Salah satunya dipicu kenaikan Harga bahan bakar minyak (BBM) sejak Sabtu 3 September 2022 lalu. 

Kabid Perdagangan Panji Adha Santoso mewakili Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Diskopdag) Pesisir Barat Siswandi mengatakan, kenaikan diketahui dari hasil monitoring ke sejumlah pasar.  

“Sejak ada kenaikan harga BBM, kini sudah mulai berimbas pada harga beberapa jenis sembako yang sudah mulai merangkak naik. Salah satunya di Pasar Way Batu, Kecamatan Pesisir Tengah,” kata Panji, Kamis 8 September 2022. 

Menurut Panji, jenis sembako yang mulai mengalami kenaikan itu seperti beras, dari sebelumnya Rp 10 ribu-Rp 13 ribu per kilogram, saat ini naik menjadi Rp10 ribu-Rp 13.500 per kilogram. 

BACA JUGA: Video Iseng Kolaborasi Tari Guru dan Siswi SMPN 32 Bandar Lampung Dapat Jutaan View

Kemudian gula pasir dari sebelumnya Rp 14 ribu menjadi Rp 14.500 per kilogram. 

Kenaikan juga terjadi pada harga telur ayam broiler dari sebelumnya Rp 26.500 sampai Rp 27 ribu per kilogram, menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

“Kenaikan yang signifikan terjadi pada harga cabe merah besar. Dari Rp 70 ribu menjadi Rp 80 ribu per kilogram. Begitu juga dengan cabe merah keriting, dari sebelumnya Rp 80 ribu, naik menjadi Rp 100 ribu per kilogram,” urainya.

Ditambahkan, untuk harga cabe rawit merah juga mengalami kenaikan, dari Rp 50 ribu-Rp55 ribu per kilogram, menjadi Rp 65 ribu-Rp 70 ribu per kilogram. 

BACA JUGA: Sopir dan Tukang Ojek Diberi Beras Gratis Oleh Polisi

Selain itu, bawang merah juga naik dari sebelumnya Rp 30 ribu-Rp 32 ribu, kini menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Lalu bawang putih dari Rp 22 ribu, naik menjadi Rp 25 ribu per kilogram. 

Sedangkan, untuk harga kebutuhan bahan pokok lainnya masih tetap. Seperti minyak goreng kemasan premium masih berkisar Rp 24 ribu per liter.

Panji menuturkan, untuk harga minyak goreng curah masih tetap Rp 12.500 per liter dan minyak goreng kemasan sederhana turun dari Rp 15 ribu per liter menjadi Rp 14 ribu per liter. 

Sementara, untuk harga tepung terigu juga masih tetap Rp 13 ribu per kilogram, daging sapi tetap Rp 145 ribu-Rp150 ribu per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: