Mantap! Sulam Jelujur Pesawaran Ramaikan New York Indonesia Fashion Week

Mantap! Sulam Jelujur Pesawaran Ramaikan New York Indonesia Fashion Week

Ketua Dekranasda Pesawaran Nanda Indira saat membawa sulam jelujur dalam berbagai even. FOTO HUMAS PEMKAB PESAWARAN --

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Hasil kerajinan tangan produksi Usaha Kecil Menengah (UKM) berupa sulam jelujur kain tenunan khas Pesawaran, akan meramaikan panggung New York Indonesia Fashion Week, Minggu 11 September 2022. 

Desainer asal Lampung Arismansyah mengatakan, sulam jelujur merupakan bagian dari sebuah peristiwa sejarah transmigrasi pertama di Indonesia pada tahun 1905 di Pesawaran. 

Di mana, pada waktu itu meninggalkan rekam jejak dan warisan berupa kain tenun dengan teknik jelujur yang membentuk keragaman motif serta gambaran peristiwa yang terjadi pada sejarah transmigrasi tersebut. 

BACA JUGA: Tarif Bus AKDP di Metro Naik Rp 15 Ribu

"Pada masa itu, sulam jelujur hanya digunakan untuk pajangan saja," kata Arismansyah. 

Seiring perkembangan zaman dan adanya peluang masyarakat dalam meningkatkan ekonomi kreatif di sekitar Desa Sungai Langka, sulam jelujur kemudian dimodifikasi dalam bentuk seni kriya berupa fashion, interior, aksesoris dan produk unggulan lainnya, untuk meningkatkan perekonomian.


Ketua Dekranasda Pesawaran Nanda Indira saat membawa sulam jelujur dalam berbagai even. FOTO HUMAS PEMKAB PESAWARAN --

Arismansyah mengungkapkan, kreatifitas perajin sulam jelujur di bawah binaan Ketua Dekranasda Pesawaran Nanda Indira, membuka peluang memasuki pasar internasional bermula pada tahun 2018.

BACA JUGA: Polres Lamtim Amankan Tersangka Kasus Narkoba

Ini melalui kerjasama dengan negara Belanda. Sulam jelujur dapat dipajang di bandara Netherland.

Kemudian pada tahun 2019, museum textile Netherland mendapatkan kesempatan dari Kedubes Afrika Selatan untuk mengikuti pameran dan fashion show di pasar Indonesia-Afrika Selatan.

"Dan pada tahun ini, tepatnya tanggal 11 September 2022 mendatang ini, dari kedutaan New York dan para travel agent di New York, memberikan kesempatan kepada kita untuk memamerkan keindahan sulam jelujur melalui acara New York Indonesia Fashion Week," paparnya. 

BACA JUGA: Cari Asinan Buah yang Segar dan Enak? Pesan di Dapur Ananda Aja, Dijamin Ketagihan!

Pada acara tersebut, lanjutnya, sulam jelujur diperkenalkan lewat fashion show dan brosur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: