Resmi, LTMPT Tidak Lagi Tangani Seleksi Mahasiswa Baru pada Tahun Depan

Resmi, LTMPT Tidak Lagi Tangani Seleksi Mahasiswa Baru pada Tahun Depan

--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi mengundurkan diri sebagai penyelenggara seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN Indonesia. Pengunduran diri ini pasca Mendikbudristek Nadiem Makariem menerbitkan aturan baru pada seleksi masuk PTN.

Hal itu terlihat dalam keterangan resmi LTMPT pada akun Instagramnya. Yang menyatakan bahwa LTMPT yang sudah menyelenggarakan seleksi sejak tahun 2018 tidak lagi menyelenggarakan seleksi penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2023.

"Berdasarkan Pasal 20 Permendikbudristek nomor 48 tahun 2022, seleksi mahasiswa baru diselenggarakan oleh Kemendikbudristek bekerjasama dengan PTN. Dengan demikian, segala urusan yang berkaitan dengan seleksi nasional mahasiswa baru telah beralih menjadi wewenang Kementrian," kata Ketua LTMPT Prof Moh Ashari dalam keterangan resminya, Minggu 11 September 2022.

Mendikbudristek telah menerbitkan Keputusan Nomor 346/P/2022 tentang Tim Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023 yang diberi tugas untuk melakukan persiapan dan penyusunan bahan pelaksanaan seleksi tahun 2023.

BACA JUGA:Tak Dapat Tunjukkan Dokumen, Tambang Ilegal Digulung Polres Lampung Utara

“Segala urusan terkait persiapan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa tahun 2023 berada di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” sebut Prof Ashari.

Selepas mengumumkan hal tersebut, Melalui akunnya, LTMP mengatakan, tugasnya mengantar para calon mahasiswa baru sejak tahun 2018 telah selesai. 

Dengan ini, menteri juga telah mengubah tiga transformasi seleksi masuk PTN. Pertama seleksi nasional berdasarkan prestasi. Kedua, seleksi nasional berdasarkan tes. Dan yang ketiga adalah seleksi secara mandiri oleh PTN. Nantinya mekanisme seleksi masuk PTN melalui SNMPTN dan SBMPTN akan diubah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: